Advertisement

Mengunjungi Museum Kegagalan Cinta, Punya Banyak Koleksi Benda Kenangan Mantan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Mengunjungi Museum Kegagalan Cinta, Punya Banyak Koleksi Benda Kenangan Mantan Suasana Museum of Broken Relationship, museum di Kroasia yang menampilkan ribuan benda peninggalan mantan pacar. - Instagram @brokenship

Advertisement

Harianjogja.com, ZAGREB—Sebuah museum di Kroasia memiliki koleksi unik. Museum ini memamerkan barang-barang peninggalan mantan pacar sebagai wujud percintaan yang gagal.

Museum of Broken Relationship berada di Kota Zagreb, Kroasia. Ide pendirian museum itu muncul dari Olinka Vistica dan Drazen Grubisic, pasangan yang menjalin hubungan sebelum akhirnya putus lebih dari 20 tahun yang lalu.

Advertisement

BACA JUGA: Unik, Museum di Turki Kumpulkan Ribuan Rambut Wanita dari Seluruh Dunia

Melansir New York Times, museum ini dimulai pada 2006 sebagai proyek sementara yang dipresentasikan oleh Vistica dan Grubisic dalam acara pameran seni dua tahunan. Usai pameran, rupanya mereka mendapatkan permintaan dari banyak orang yang ingin mengirimkan barang kenangan mantan serupa.

Barang pertama yang dipamerkan adalah mainan kelinci putih dan foto keduanya di tempat wisata. Menurut Vistica, itu adalah simbol kebersamaan mereka, sehingga salah satu dari mereka tidak boleh menyimpannya.

Mulai 2010, acara yang tadinya hanya pameran seni itu menjadi museum, yang menjadi salah satu tempat wisata tersibuk di Kroasia. Terletak di bekas istana di kota tua Zagreb, museum ini menampilkan benda-benda yang bersumber dari kekasih yang patah hati di seluruh dunia beserta teks yang menceritakan setiap benda.

BACA JUGA: Pameran Unik Ini Ajak Pengunjung Mengendus Bau Pantat Satwa Liar

Benda kenangannya berkisar dari barang yang biasa saja, seperti sepatu putih, sarung tangan cuci piring, hingga ponsel jadul. Ada juga benda kenangan yang dirasa begitu emosional, seperti perlengkapan parasut yang disumbangkan oleh wanita yang kekasihnya meninggal dalam kecelakaan terjun payung.

Saat ini, koleksi benda yang dipamerkan sudah berjumlah 2.000 lebih. Vistica menegaskan museum punya kebijakan untuk tidak mengembalikan benda kenangan, bahkan meskipun sang donatur kembali menjalin hubungan dengan mantannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : New York Times

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

DIY Kekurangan Pemandu Wisata Berbahasa Asing

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Amalan Doa Agar Lulus Ujian UTBK-SNBT dan Diterima di Kampus Impian

Lifestyle
| Senin, 29 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement