Advertisement

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Sirojul Khafid
Jum'at, 03 Mei 2024 - 10:37 WIB
Sunartono
Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja Di banyaknya deretan warung di Jalan Kaliurang, tepatnya di samping GSP UGM, ada Seafood Pak Purwanto. Pengunjung kerap memadati warung yang menjajakan makanan Cina ini. Sehingga konsumen akan menunggu cukup lama. Namun jangan khawatir, para pelayannya cukup cekatan. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sapo tahu yang berbahan sayur dan rempah-rempah awalnya menjadi menu vegetarian. Namun perkembangan zaman membuat makanan ini berevolusi dengan tambahan berbagai jenis daging.

Kemunculan sapo tahu berasal dari masyarakat pencipta banyak jenis makanan, yaitu Cina. Berbahan dasar sayur dan rempah-rempah, banyak vegetarian yang mengonsumsi sapo tahu. Meski dalam perkembangan cara memasaknya, sapo tahu mendapat tambahan bahan lain, termasuk udang, ikan, dan daging. Dalam acara-acara pesta, sapo tahu tergolong sebagai hidangan pembuka.

Advertisement

Asal-usul nama sapo berasal dari penggunaan panci sapo atau claypot, yang menjadi medium untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkuk lainnya. Alat ini terbuat dari bahan keramik. Medium claypot bisa menyimpan panas lebih lama dibanding panci biasa.

Dari sisi bahan, umumnya sapo tahu menggunakan egg tofu alias tahu tiongkok. Tekstur egg tofu halus dan lembut. Agar tofu tidak hancur harus digoreng terlebih dahulu. Bagi yang ingin mencoba menu sapo tahu, berikut tiga rekomendasi warungnya di Jogja.

Warung AD

Suka makan bersama dengan teman atau keluarga? Maka Warung AD jadi tempat yang cocok. Porsi menu-menu di sini ukurannya jumbo. Satu porsi cukup untuk dua sampai tiga orang.

Termasuk menu sapo tahu, akan lebih nikmat apabila makan dengan teman atau keluarga. Ada dua jenis, yaitu sapo tahu ayam dan sapo tahu seafood. Harga per porsi untuk sapo tahu ayam sekitar Rp22.000. Sementara untuk sapo tahu seafood harganya Rp24.000. Ada pilihan rasa pedas, asin, dan asam manis.

Alamat Warung AD berada di Jalan Bumijo, Jalan Gowongan Lor Nomor 48, Bumijo, Jetis, Kota Jogja. Jam operasional mulai dari pukul 10.30 hingga 21.00 WIB.

Tio Ciu Seafood & Chinese Food

Dalam beberapa testimoni konsumen yang pernah berkunjung, sapo tahu di sini isinya padat. Bumbunya juga dianggap pas, tidak kurang atau berlebihan. Ada beberapa pilihan rasa untuk sapo tahu, termasuk asam manis.

Harga menu sapo tahu Jepang senilai Rp75.000. Sementara sapo tahu biasa seharga Rp65.000. Tio Ciu Seafood & Chinese Food berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Jam operasional mulai dari pukul 12.00 sampai 22.00 WIB.

Seafood Pak Purwanto

Di banyaknya deretan warung di Jalan Kaliurang, tepatnya di samping GSP UGM, ada Seafood Pak Purwanto. Pengunjung kerap memadati warung yang menjajakan makanan Cina ini. Sehingga konsumen akan menunggu cukup lama. Namun jangan khawatir, para pelayannya cukup cekatan.

Ada dua jenis sapo tahu. Menu sapo tahu ayam seharga Rp26.000, dan sapo tahu seafood seharga Rp28.000. Adapun kuah sapo tahu di sini cenderung kental.

Seafood Pak Purwanto berada di Jalan Kaliurang Kilometer 4, Caturtunggal, Depok, Karang Malang, Sinduadi, Mlati, Sleman. Jam operasional mulai dari pukul 17.00 hingga 23.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com, Minggu 8 September 2024: Wisata Jogja, Klitih Bawa Pistol Mainan, Hasil PON 2024

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Empat Resep Donat yang Mudah Dibuat, Cocok untuk Camilan di Akhir Pekan

Lifestyle
| Sabtu, 07 September 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement