Advertisement

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Sirojul Khafid
Senin, 20 Mei 2024 - 07:17 WIB
Sunartono
Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah Mandi air dingin memang menyegarkan. Tapi sesekali perlu mencoba mandi air hangat, yang khasiatnya bisa menenangkan. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mandi air dingin memang menyegarkan. Tapi sesekali perlu mencoba mandi air hangat, yang khasiatnya bisa menenangkan.

Dalam banyak film atau anime di Jepang, sering muncul adegan pemeran yang mandi air hangat di kolam. Adegan ini biasanya saat karakter sedang ingin bersantai atau melepas lelah. Dalam beberapa kondisi, berendam atau mandi air hangat memang memiliki beberapa khasiat.

Advertisement

Mandi air hangat bisa meredakan nyeri otot, membuat tidur lebih nyenyak, mengatasi sembelit, meredakan gejala wasir, meredakan nyeri akibat prostatitis, mengatasi iritasi kulit, meredakan stres, melegakan napas, dan mengatasi rasa gatal sesudah prosedur episiotomy.

Dalam manfaatnya meredakan nyeri otot, saat otot tubuh terasa nyeri dan tegang, mandi air hangat bisa menjadi solusinya. Aktivitas ini dapat mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan nyeri otot, termasuk menghilangkan pegal di tangan. Selain itu, mandi air hangat juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

Sementara dalam khasiatnya membuat tidur lebih nyenyak, mandi air hangat bisa untuk Anda yang insomnia. Mandi air hangat dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat kualitas tidur meningkat. Bahkan, dengan mandi air hangat antara 1,5 sampai 2 jam sebelum tidur, suasana hati seseorang bisa meningkat. Sehingga orang tersebut lebih bersemangat menjalani aktivitas pada keesokan harinya.

Untuk bisa berendam atau mandi air hangat, berikut tiga rekomendasi tempatnya di Jogja.

Kampung Lawasan Heritage Cottage

Pada dasarnya, Kampung Lawasan Heritage Cottage merupakan penginapan. Di dalamnya terdapat fasilitas bak atau kolam air panas. Orang yang menginap di sini secara otomatis bisa mengakses fasilitas kolam air hangat.

Namun bagi masyarakat yang ingin menikmati kolam air panas tanpa harus menginap, pengelola Kampung Lawasan Heritage Cottage menyediakan paket khusus. Dengan membayar sekitar Rp75.000, pengunjung sudah bisa mengakses kolam air panas. Tidak hanya itu, ada pula kelengkapan seperti handuk, kopi, dan roti bakar.

Kampung Lawasan Heritage Cottage berada di Jalan Perumnas Nomor 30A, Tempel, Sleman. Pengunjung bisa mengaksesnya 24 jam. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 6 kilometer atau 17 menit berkendara dengan mobil.

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Apabila berkunjung ke Pantai Parangtritis, Anda tidak hanya bisa bermain di pasir atau pantai. Tidak jauh dari situ, ada Pemandian Air Panas Parang Wedang. Menariknya, kolam terdiri dari berbagai ukuran dan kedalaman. Sehingga pengunjung bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Harga tiketnya cukup Rp4.000. Dibandingkan dengan khasiat berendam air panas di sini yang banyak, harga tersebut tentu cukup terjangkau. Meski di sisi lain, lantaran harganya yang tergolong murah, maka di dalamnya cukup sering terisi banyak orang.

Pemandian Air Panas Parang Wedang beralamat di Jalan Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Bantul. Jam operasional pemandian air panas ini dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00. Khusus di hari Kamis, pemandian dibuka mulai pukul 05.00, di hari Sabtu buka pukul 05.30, dan Minggu buka pukul 07.00. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 31 kilometer atau 1 jam 4 menit berkendara dengan mobil.

Little Tokyo

Dari namanya, kita bisa membayangkan penampakan tempatnya. Little Tokyo, tempat yang ingin mereplikasi suasana bangunan di Jepang. Tidak hanya bangunan dan pernak-pernik khasnya, terdapat juga fasilitas pemandian air panas.

Hubungan Jepang dan pemandian air panas memang cukup erat. Kebiasaan orang Jepang berendam air panas juga sering kita lihat di film maupun anime produksi Jepang. Saat berkunjung ke Little Tokyo, pengunjung bisa mencari pemandian air panas bernama Litto Onsen. Di samping nikmatnya berendam air panas, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan berupa bebukitan di sekitarnya.

Dalam sekali berendam, pengunjung perlu mengeluarkan uang sekitar Rp100.000. Little Tokyo berada di Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul. Jam operasional mulai pukul 08.30 sampai 20.00 WIB. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 23,5 kilometer atau 1 jam 2 menit berkendara dengan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Demi Lolos PPDB Jalur Zonasi, Banyak Orang Tua di Gunungkidul Siasati Titik Tagging

Gunungkidul
| Rabu, 26 Juni 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Punya Bentuk Jari Unik, Penata Rambut di Jepang Jadi Populer dan Banyak Orang Mengantre Untuknya

Lifestyle
| Rabu, 26 Juni 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement