Advertisement

Rekomendasi Jajanan Makaroni di Jogja

Sirojul Khafid
Sabtu, 25 Mei 2024 - 10:47 WIB
Sunartono
Rekomendasi Jajanan Makaroni di Jogja Makaroni menjelma dari makanan sesaji menjadi kudapan sehari-hari. Dengan semakin banyak inovasi dan toko yang menjualnya, kini kita bisa mendapatkannya bahkan hanya dengan berjalan kaki. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja com, JOGJA—Makaroni menjelma dari makanan sesaji menjadi kudapan sehari-hari. Dengan semakin banyak inovasi dan toko yang menjualnya, kini kita bisa mendapatkannya bahkan hanya dengan berjalan kaki.

Dalam salah satu catatan informasi, makaroni disebut berasal dari Roma, Italia. Sekitar abad ke-1 masehi, makaroni menjadi makanan dewa alias makanan untuk sesaji dewa.

Advertisement

Sementara versi lain mengatakan apabila makaroni berasal dari Cina. Dahulu, penjelajah asal Venesia, Italia, Marcopolo membawa makaroni dari Cina menuju ke Italia. Itu sekitar abad ke-13.

Banyaknya versi sejarah, termasuk dua di antaranya di atas, belum pasti versi mana yang benar. Belum ada paten hingga sekitar tahun 1600-an. Hingga pada Pada 7 Mei 1660, Isaack B Fubine dari Belanda mematenkan resep dan bentuk makanan makaroni. Sejak tanggal itulah, sejarah makaroni mulai dihitung sampai kini.

Makaroni terbuat dari tepung gandum, air, dan tepung terigu. Makaroni mengandung zat besi, asam folat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3. Berikut tiga rekomendasi macaroni, khususnya yang ada unsur kejunya, yang ada di Jogja.

Makaroni Keju Jogja Unyil

Makaroni ini merupakan usaha rumahan. Produsen mengklaim keju sebagai tambahan makaroni merupakan keju asli, bukan bumbu tabur. Sehingga Makaroni Keju Jogja Unyil aman dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa.

Ada beberapa varian seperti makaroni keju original dan makaroni keju pedas. Harga satu porsi sekitar Rp15.000. Makaroni Keju Jogja Unyil berlokasi di Jalan Jambu, Ngringin, Condongcatur, Depok, Sleman. Jam operasionalnya mulai 09.00 sampai 17.00 WIB.

Makaroni Keju Jogja Makju

Konsumen yang pernah mencicipi Makaroni Keju Jogja Makju berpendapat rasa keju di sini cukup unik. Ada sensasi tersendiri yang susah untuk dijelaskan. Di samping itu, kejunya juga terasa cukup medok.

Berasal dari keju asli, bukan bumbu tabur, ada sensasi lumer atau yummy saat konsumen memakannya. Harga seporsi Makaroni Keju Jogja Makju sekitar Rp15.000.

Makaroni Keju Jogja Makju berada di Jalan Magelang kilometer 8 Jongke Tengah RT/RW 04/23, Jongke Tengah, Sendangadi, Mlati, Sleman. Jam operasionalnya mulai 09.00 sampai 12.00 WIB.

Makaroni Ciyuss Jogja

Ada banyak varian rasa di Makaroni Ciyuss Jogja. Salah satunya makaroni keju. Secara tekstur, beberapa orang menganggap makaroni di sini renyah namun tidak terlalu keras.

Di samping varian keju, ada juga rasa asin, ayam bawang, jagung bakar, jagung manis, rumput laut, sapi panggang, balado, dan keju. Harga seporsi makaroni di sini mulai Rp5.000.

Makaroni Ciyuss Jogja beralamat di Jalan Kebon Agung, Area Sawah, Tlogoadi, Mlati, Sleman. Jam operasionalnya mulai 11.00 sampai 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Besok Puasa Arafah, Begini Niat dan Keutamaannya, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan yang Akan Datang

Lifestyle
| Sabtu, 15 Juni 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement