Advertisement

Waduk Jatiluhur Masih Sejuk dan Eksotis, ke Sana Yuk

Newswire
Jum'at, 29 Juni 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Waduk Jatiluhur Masih Sejuk dan Eksotis, ke Sana Yuk Wadu Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat - okezone

Advertisement

Harianjogja.com, PURWAKARTA—Waduk Ir Djuanda atau Jatiluhur selama ini telah dikenal masyarakat. Namun tak ada salahnya berkunjung ke sana lagi. Menikmati kesejukan alam sekitarnya dan pemandangan yang eksotis.

Waduk buatan yang memiliki luas sekitar 8.300 hektare ini pada musim liburan dipadati ribuan pelacong dari berbagai daerah.

Advertisement

Meskipun di wilayah ini banyak terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik, kawasan Waduk Jatiluhur tetap masih menjadi primadona sebagai tujuan berwisata.

Dengan kata lain, Waduk Jatiluhur ini bisa dikatakan serba guna. Karena, selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun menjadi objek wisata favorit. Salah satu yang memberdakan waduk ini dengan lokasi wisata lain, mungkin keindahan alamnya yang masih cukup asri.

Air danau yang berkilau akibat pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Keindahannya pun bertambah, seiring banyaknya pepohonan hijau yang menghiasi bibir waduk tersebut.

Mungkin, eksotika alam Jatiluhur ini sangat luar bisa. Bahkan bisa dibilang tak ada bandingannya. Apalagi, lokasi waduk ini dikelilingi pegunungan bebatuan yang sangat indah. Sehingga, menjadikan lokasi ini lebih terlihat menarik.

Para pelancong yang datang ke tempat tersebut, tak hanya akan disuguhi pemandangan alam nan eksotis. Mereka, juga bisa merasakan adrenalinnya terpacu ketika menaiki perahu tradisional maupun spedd boat yang bisa disewa untuk kepentingan rekreasi.

Wahana Rekreasi Air

Tak hanya itu, di lokasi ini pun tersedia wahana rekreasi air yang cukup menyenangkan untuk keluarga. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Wahana air ini, lokasinya berada di kawasan wisata Grama Tirta Waduk Jatiluhur, yang letaknya persis beberapa meter dari bibir waduk.

‎Banyak variasi yang ditawarkan ke masyarakat di lokasi wisata Jatiluhur ini. Selain wisata air di kawasan JWW, di lokasi ini pun tersedia wisata edukasi serta Kuliner. Untuk wisata edukasi, setiap pengunjung bisa melihat-lihat belajar mengenai bendungan dan turbin sebagai pembangkit listrik.

Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu tradisional. Bagi pecinta olahraga, wisatawan bisa berkeliling waduk dengan spedd boat. Kemudian, bisa juga menikmati makan khas Waduk Jatiluhur. Salah satunya, yang berbahan dasar ikan patin.

Ada lokasi yang lebih menarik lagi di lokasi wisata ini. ‎Yakni, sebuah tempat terbaik untuk melihat sunset. Tempat yang diberi nama Lake View Istora Air Jatiluhur ini persis berada di sekitar bendungan utama.

Lokasi ini, lebih cocok untuk mereka pecinta swafoto. Mengingat, lokasi ini langsung menghadap ke arah barat danau. Sehingga, menjelang sore pengunjung bisa melihat pemandangan sunset yang sangat indah di danau tersebut‎.

Selain lokasi spot untuk berfoto, di lokasi ini juga terdapat sebuah cafe yang menyerupai geladak kapal laut. Pengunjung pun bisa menikmati sejumlah makanan ringan sembari menikmati keindahan alam di Jatiluhur.

Bahkan, Landscape Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang terhampar di depan mata menjadi pemandangan tersendiri ketika kita berada di cafe tersebut.

Mudah Dijangkau

Lokasi wisata ini letaknya sangat strategis. Yakni, tak jauh dari gerbang tol Ciganea (Jatiluhur). Dari pusat kota Purwakarta, Jawa Barat jaraknya kurang lebih hanya enam kilometer.

Perjalanan untuk menuju kawasan rekreasi ini, sangatlah menyenangkan. Karena, wisatawan dapat merasakan sejuknya alam yang asri, dimana di kanan dan kiri jalan menjulang pohon-pohon yang tinggi. Apalagi, suasan asri ini dipercantik lagi dengan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Setibanya di pintu gerbang, ada sejumlah petugas keamanan dan petugas retribusi yang siap menyapa pengunjung. Setelah bertransaksi, suasana asri nan sejuk masih terasa sampai peloksok pedalaman kawanan wisata Grama Tirta. Di kawasan ini, pengunjung bisa dengan bebas mendatangi lokasi wisata yang sesuai dengan tujuannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement