Lebih Hemat Mana, Tiket Pesawat One-Way atau Return?

31 Agustus 2019 16:17 WIB MediaDigital Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Membeli tiket pesawat menjadi persiapan utama sebelum bepergian, baik untuk keperluan bisnis maupun wisata. Anda pun dihadapkan pada dua opsi yakni membeli tiket dengan cara one-way flight  atau memilih membelinya dengan cara return (round trip) agar lebih hemat.

Lantas, dari keduanya manakah yang lebih hemat dan bagaimana tips mendapatkan tiket terbaik tersebut? Berikut opsinya yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih tiket untuk penerbangan yang dituju. 

Tiket pesawat one-way flight

Jenis tiket pesawat one-way flight  bisa diartikan sebagai tiket pesawat sekali jalan.

Jadi, semisalnya Anda akan bepergian ke sebuah kota atau negara, hanya cukup membeli tiket sekali jalan untuk kebrangkatannya saja dan tidak membeli tiket kepulangannya.

Jenis tiket ini paling sering dijual di semua maskapai dan semua penerbangan sudah pasti menyediakannya.

Terkadang seseorang membeli tiket one-way flight untuk memantau pergerakan harga tiket dalam kurun waktu tertentu.

Sebab, pergerakan harga tiket pesawat dapat berubah sewaktu-waktu, bahkan tiket untuk maskapai tertentu bisa berubah sebanyak tiga kali dalam sehari. Kebanyakan, seseorang yang memilih tiket one-way flight tidak sedang kembali dalam waktu singkat dan mereka lebih memilih untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Tiket pesawat return

Sementara itu untuk jenis tiket return atau biasa dikenal juga dengan istilah round-trip flight.

Dengan kata lain, jenis tiket ini adalah untuk pulang-pergi. Saat Anda membeli tiket round-trip maka harus pada rute penerbangan yang sama.

Misalnya saja, jika Anda ingin bepergian dari Jakarta menuju Bali, maka tiket kepulangannya juga dari Bali ke Jakarta.

Cara seperti ini bisa dilakukan ketika Anda mengetahui waktu berangkat dan kepulangannya.

Pada umumnya, yang membeli tiket pesawat ini adalah para pekerja maupun pebisnis denga jadwal yang padat. Keuntungan membeli tiket secara round-trip adalah Anda dapat mengamankna perjalanan tanpa khawatir tidak mendapatkan tiket di kemudian hari.

Mana yang lebih hemat?

Lalu, banyak orang yang bertanya manakah yang lebih hemat antara tiket one-way flight atau return.

Sebenarnya hal tersebut tergantung kebutuhan dan kapan Anda akan kembali ke kota asal.

Dari segi efisiensi memang tiket round-trip akan lebih mudah dan membuat Anda nyaman.

Akan tetapi Anda harus tahu kapan tanggal kepulangan. Mana yang lebih murah dari keduanya bisa kita contohkan penerbangan di atas yakni Jakarta ke Bali.

Jika Anda memilih round-trip untuk penerbangan tanggal 19 Agustus 2019 misalnya harga tiket termurahnya adalah Rp1.073.200.

Keberangkatannya adalah dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kemudian, untuk tiket round-trip dengan rute keberangkatan yang sama maka rinciannya adalah keberangkatan dari Jakarta ke Bali Rp1.073.200. Kemudian, keberangkatan Bali ke Jakarta untuk keberangkatan tanggal 26 Agustus 2019 adalah Rp954.200.

Meski harga tersebut sama, namun pada saat tertentu terdapat promo yang bisa digabungkan.

Jadi, untuk pembelian tiket round-trip terkadang banyak dipilih karena lebih hemat dan menjamin kenyamanan.

Sebab, belum tentu Anda akan mendapatkan promo menarik ketika membeli tiket one-way flight untuk kepulangannya.

Hal yang perlu diperhatikan

Meskipun memiliki perbedaan dalam hal harga tiket pesawat ketika membeli dengan cara one-way flight maupun round-trip, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli tiket pesawat.

Salah satunya adalah perhatikan rate harga terbaik yang ditawarkan oleh maskapai tertentu untuk penerbangan yang dipilih. Termasuk pula promo-promo yang diberikan.

Mengecek harga tiket pesawat kini juga semakin mudah melalui aplikasi travel. Salah satunya adalah melalui fitur Price Alert yang dimiliki oleh Traveloka.

Dengan adanya fitur ini Anda lebih tenang dalam menentukan maskapai mana yang menawarkan harga terbaik untuk keberangkatan yang dipilih.

Caranya adalah, Anda cukup memasukkan batasan harga yang diinginkan untuk rute penerbangan tertentu.

Nantinya, Traveloka akan secara otomatis membandingkan harga tiket termurah. Jika ada tiket murah pada penerbangan yang dipilih, maka Anda akan mendapatkan notifikasi.

Untuk mengetahui maskapai mana saja yang menawarkan tiket one-way flight dan round-trip terbaik, Anda bisa klik di tautan berikut.

Sumber : Bisnis.com