Wisata Museum Benteng Vredeburg Akan Dibuka Secara Terbatas

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. - Harian Jogja/Sunartono.
24 Juli 2020 20:07 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sejumlah tempat wisata di kawasan jantung Kota Jogja mulai dibuka. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta akan mulai beroperasi secara terbatas untuk wisatawan dengan protokol kesehatan yang ketat mulai Selasa (28/7/2020). Pengunjung dari wilayah zona merah harus menunjukkan surat keterangan dari instansi bidang kesehatan.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Madrohi menjelaskan sesuai kebijakan Kemendikbud Vredeburg tidak beroperasi sejak 16 Maret 2020, atau lebih dari empat bulan akibat virus corona. Memasuki era new normal ini, sesuai arahan pimpinan di lingkungannya akan dilakukan uji coba operasional museum secara terbatas dimulai pada Selasa (28/7/2020) dengan jam buka antara pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Baca juga: McDonalds dan Sejumlah Merk Makanan Terkenal Lain Buka-bukaan Resep Masakannya, Mau Coba?

Pihaknya telah menyiapkan berbagai perangkat untuk mencegah penyebaran virus corona. Mulai dari memperbanyak titik cuci tangan, hand sanitizer, stiker jaga jarak dan penyemprotan disinfektan secara berkala. "Nanti di setiap titik ada petugas untuk mengarahkan dan mengawasi agar pengunjung tetap aman dan nyaman, bisa mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak memakai masker," katanya Jumat (23/7/2020).

Pada uji coba kali pengunjung yang dibolehkan masuk masih dibatasi sebanyak 220 orang dalam sehari yang dibagi menjadi empat sesi sehingha setiap sesi sekitar 55 orang dengan durasi masing-masing sekitar satu jam. Selain itu hanya menerima wisatawan dalam rombongan kecil seperti keluarga dan belum menerima rombongan dalam jumlah banyak.

"Bagi wisatawan nusantara berasal dari luar Jogja dan zona merah Covid-19 diperkenankan berkunjung ke museum dengan membawa surat keterangan sehat dari instansi kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Jadi Sarana Berpergian, Begini Cara Tepat Membersihkan Interior Mobil Selama Pandemi Corona

Kasi Teknis Benteng Vredeburg Yogyakarta Gunawan menambahkan pembukaan museum ini masih bersifat uji coba dengan penerapan protokol ketat. Pihaknya akan tetap mematuhi ketentuan dari pemerintah daerah sebagai bagian dari evaluasi setelah uji coba. Uji coba itu diharapkan mendapat respons positif dari masyarakat. Dalam uji coba tersebut dilakukan pameran tematik kolaboratif dengan tema Jaring Arthropoda di halaman depan sisi barat Vredeburg.

"Karena museum benteng ini sebagai sarana penguatan pendidikan karakter serta menjadi ruang publik," katanya.

Setiap pengunjung sebelum memasuki area museum lebih dahulu harus mengisi biodata lengkap termasuk kota asal melalui sistem digital yang disediakan. Biodata itu sebagai antisipasi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti adanya penularan sehingga memudahkan untuk dilakukan tracing.

"Prinsipnya protokolnya ketat sesuai ketentuan untuk membuat aman dan nyaman pengunjung, pemesanan tiket bisa secara online untuk mengurangi kontak," katanya.