Advertisement

2021 Ingin Liburan? Intip Destinasi Ini

Dewi Andriani
Senin, 28 Desember 2020 - 05:47 WIB
Maya Herawati
2021 Ingin Liburan? Intip Destinasi Ini Petugas Balai Konservasi Borobudur menyemprotkan disinfektan pada sebuah stupa Candi Borobudur untuk mengantisipasi Virus Corona (COVID-19). - Antara/Heru Suyitno

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak wisata pantai, Indonesia tentu menjadi incaran para wisatawan yang ingin menelusuri keindahan alam berupa pantai di negeri ini.

Namun, menjelajah Indonesia, artinya juga akan menemui beragam destinasi wisata lainnya, seperti bukit, pegunungan, hingga wisata kuliner. Berikut 10 kota yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata 2021, versi tiket.com

Advertisement

1. Medan, Sumatera Utara

Para wisatawan bisa mulai menjelajah kota Medan yang dikenal dengan keindahan alam Danau Toba sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, dan menjadi salah satu danau terdalam di dunia.

Tidak hanya Danau Toba, ada juga tempat wisata lain seperti Istana Maimun, yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli, dan menjadi salah satu ikon dari kota Medan. Selain itu, ada pula Pulau Samosir, Graha Maria Annai Velangkanni, Air Terjun Sipiso-Piso, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain destinasi wisata, Medan juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Selain Durian Ucok, menu makanan lainnya yang bisa dicoba adalah lontong medan, bihun bebek, mie gomak, sate padang medan, dan beberapa menu lainnya.

2. Padang, Sumatra Barat

Selain Medan, Padang juga tidak kalah menariknya untuk dijadikan destinasi wisata 2021. Kota ini memang menarik untuk perjalanan wisata kuliner. Beberapa menu-menu makanan khas tradisionalnya dijamin menggoyang lidah.

Mau melihat-lihat keindahan alamnya? Tenang saja karena banyak tempat wisata menarik yang bisa disambangi. Seperti Museum Adityawarman, Wisata Alam Tonang, Kota Tua Padang, Pantai Manis, Pantai Pasumpahan, dan lain sebagainya.

3. Malang, Jawa Timur

Wisata bersama keluarga, Malang bisa menjadi destinasi yang dituju untuk liburan tahun 2021 mendatang. Banyak tempat wisata family friendly yang bisa ditemukan di kota Malang, dengan kategori yang beragam. Mulai dari atraksi hingga tempat wisata alam, bisa ditemukan dengan mudah.

Butuh tempat wisata yang bisa menyegarkan mata? Anda bisa menuju Pantai Tiga Warna atau Pantai Ngilyep. Pemandangan di sini sangat indah. Untuk tempat wisata keluarga, bisa juga pergi ke Jatim Park, Malang Night Paradise, Hawai Waterpark, dan lainnya.

Setelah puas berwisata, jangan lupa untuk mengisi amunisi dengan menu kuliner khas Malang yang menggoda. Seperti Angsle, Bakso Malang, Rawon, Nasi Pecel, Sate Kelinci, dan beberapa menu lezat lainnya.

4. Kepulauan Bangka Belitung, Pangkal Pinang

Mau berburu pantai-pantai di Indonesia? Bangka Belitung, Pangkal Pinang bisa menjadi destinasi wisata 2021. Di sini, Anda bisa menjelajah pantai-pantai indah, mulai dari Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tikus, Pantai Batu Pulau Lengkuas, Pantai Penyabong, dan masih banyak lagi.

Setelah lelah bermain di pantai, kamu bisa mencicipi menu makanan khas Bangka Belitung untuk memanjakan perut. Beberapa menu pilihan antara lain Gangan patin, mie ayam Bangka, lempah kuning, kue piang nanas, dan lain sebagainya.

5. Denpasar, Bali

Bali memang tidak pernah bosan untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Bagi Anda yang rindu mantai di Bali, bisa jadikan destinasi wisata ini sebagai destinasi wisata 2021. Kamu bisa menuju Nusa Penida, Pantai Pandawa, Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, dan beberapa pantai lainnya di Bali.

Jangan lupa mencicipi menu-menu makanan khas Bali seperti nasi campur, sate lilit, nasi jinggo, ayam betutu, dan lain sebagainya.

6. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Setelah dari Bali, Anda juga bisa melipir ke Nusa Tenggara Barat. Banyak destinasi menarik yang membuat betah dan terpesona begitu melihat keindahannya. Air Terjun Tiu Kelep, Pantai Kuta Lombok, dan beberapa gili yang punya pesona bawah laut yang indah.
Jangan lupa untuk mencicipi menu-menu khas di sini yang bisa memanjakan lidah kamu.

Seperti ayam taliwang, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga, bebalung, dan beberapa pilihan lainnya. Dijamin ketagihan.

7. Bandung, Jawa Barat

Bandung selalu bisa menjadi andalan untuk pergi liburan terdekat dari ibukota. Biasanya, bagi yang tinggal di wilayah Jakarta dan ingin melepas penat sejenak, bisa menuju ke kota Bandung. Apalagi, Jakarta-Bandung hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Tempat-tempat di Bandung yang bisa dikunjungi antara lain Orchid Forest Cikole, The Great Asia Afrika, Ranca Upas, Wisata Lembang, dan masih banyak lagi. Mulai dari tempat wisata keluarga hingga wisata anak muda bisa kamu temukan dengan mudah di Bandung.

Dingin-dingin, paling enak sambil mencoba beberapa kuliner khas Bandung yang menghangatkan. Seperti bakso cuanki, ketan bakar, surabi, cireng, soto Bandung, dan lainnya. Kulineran menjadi hal wajib yang dilakukan saat berlibur ke Bandung.

8. Manado, Sulawesi Utara

Tempat yang satu ini cocok dijadikan sebagai wisata religi umat Kristiani. Jika Anda memiliki impian liburan ke Brazil dan melihat langsung patung raksasa Kristus Penebus yang ikonik? Di Manado, juga bisa bertemu patung raksasa! Monumen Yesus Memberkati sering dijadikan sebagai clone nya patung di Brazil.

Banyak juga tempat-tempat wisata menarik yang bisa kamu eksplor di kota ini. Selain wisata religi, pantai dan air terjun juga bisa kamu temukan di Manado. Seperti Bunaken, Manado Tua, Air terjun Tunan, dan lain sebagainya. Coba juga makanan khas Manado yang terkenal, seperti pampis tongkol, bubur tinutuan, cakalang fufu, dan beberapa pilihan sambal khas.

9. Makassar, Sulawesi Selatan

Belum pernah coba wisata ke Makassar? Tahun 2021 nanti, Anda harus ke kota ini karena Makassar memiliki banyak wisata seru dan menarik yang bisa memanjakan mata. Tempat wisata di Makassar yang wajib kamu kunjungi diantaranya adalah Masjid 99 Kubah, Lappa Laona, Barru, Pegunungan Karst Makassar, dan masih banyak lagi.

Selain tempat wisatanya, jangan lupa mencoba kuliner Makassar yang terkenal enak-enak. Seperti buras, es pisang ijo, mi titi, jalangkote, dan lainnya.

10. Yogyakarta, Jawa Tengah

Terkenal dengan keramah-tamahan dan budayanya, Jogja memang selalu menjadi destinasi wisata yang selalu dirindukan untuk kembali. Di tahun 2021, bisa jadikan Jogja sebagai daftar destinasi wisata. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat kamu kunjungi saat liburan sebelumnya.

Saat ini Jogja memiliki banyak tempat wisata kekinian. Seperti Punthuk Setumbu, Taman Pelangi, Wisata Kalibiru, Air Terjun Kedung Pedut, Bukit Pengilon, dan beberapa wisata lainnya. Jangan lupa untuk mencicipi menu khas Jogja seperti gudeg, sate klatak, oseng mercon, dan aneka ragam makanan di angkringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement