Advertisement

Festival Museum Jogja 2021, Upaya Jadikan Museum sebagai Destinasi Wisata

Yosef Leon
Minggu, 08 Agustus 2021 - 09:17 WIB
Budi Cahyana
Festival Museum Jogja 2021, Upaya Jadikan Museum sebagai Destinasi Wisata Pembukaan Festival Museum Jogja yang digelar oleh Barahmus DIY secara daring sebagai peringatan dalam memasuki usia emas atau genap berusia 50 tahun, Sabtu (7/8/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY menggelar Festival Museum Jogja sebagai penanda usia emas atau 50 tahun. Festival itu akan dilangsungkan mulai 7 Agustus dan akan ditutup bertepatan dengan peringatan Hari Museum Indonesia pada 12 Oktober 2021 mendatang.

Ketua Panitia Festival Museum Jogja, GKR Bendara, menyatakan hampir semua kegiatan Festival Museum Jogja dilangsungkan secara daring karena masih dalam suasana PPKM. Namun, semangat untuk membawa dunia permuseuman ke arah yang lebih baik diharapkan terwujud dengan adanya kegiatan ini.

Advertisement

GKR Bendara mengungkapkan Barahmus telah berbuat banyak dalam perjalanannya selama 50 tahun di kancah permuseuman DIY dan Indonesia. Perjalanan yang panjang dan berliku itu patut dikenang dalam sebuah perayaan, dengan kondisi pandemi yang dialami Indonesia dan negara lain di dunia menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Oleh sebab itu, memanfaatkan teknologi dengan menyelenggarakannya secara daring adalah pilihan bijak. Ini membuktikan bahwa museum yang selalu dianggap kuno dan masa lalu, juga bisa melangkah ke depan dan berbaur dengan kemajuan teknologi.

"Pada kesempatan ini kita bersama juga berharap agar museum bisa menjadi salah satu tujuan pariwisata. Sebab museum masih kalah dari destinasi wisata lain. Kami akan berusaha berkolaborasi dengan berbagai pihak agar harapan semua pihak bisa dipertemukan pada acara ini dengan optimal. Masih banyak juga stigma yang melekat bahwa museum terkesan kuno dan jadul. Ini yang akan kami bahas dan ubah perlahan-lahan," kata dia.

Adapun sejumlah acara menarik yang bakal digelar yakni Tapak Tilas, Seminar Internasional yang menghadirkan pembicara ternama dari museum-museum ternama di dunia, Jogja Museum Expo, dan Museum Performance. Rangkaian acara Festival Museum Jogja disiapkan sedemikian rupa untuk mengajak berefleksi tentang pentingnya sejarah untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Paniatia juga melakukan peluncuran Buku 50 tahun Barahmus dan juga website Barahmus yang beralamat di www.jogjamuseums.org. Website ini akan menjadi pintu gerbang bagi pecinta sejarah di berbagai belahan dunia untuk mengenal dan mempelajari museum-museum di Jogja.

Pembukaan ditandai juga dengan webinar bertajuk Peran Museum di Industri Pariwisata dengan menghadirkan Septriana Tangkary, Direktur IKPM Kementerian Kominfo, Singgih Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Bobby Adyanto, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Hery Setyawan, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) DIY, dan Ki Bambang Widodo, Ketua Umum Barahmus DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement