5 Gunung Ini Dianggap Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Tempat Tuhan Bicara

Gunung Fuji tampak dari kawasan wisata Oshino Hakkai, Jumat (27/7/2018). - Bisnis.com/Fatkhul Maskur
31 Agustus 2021 18:57 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejak zaman kuno, gunung telah memiliki peran penting, karena makna religius yang melekat padanya. Puncak-puncak gunung kini banyak yang dijadikan sebagai tempat ziarah.

Puncak-puncak ini juga menjadi bagian utama dari banyak agama di dunia. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com Selasa (31/08/2021) berikut 5 gunung yang dianggap paling suci di Dunia.

1. Nanda Devi, India

Nama Nanda Devi diterjemahkan menjadi Dewi yang memberikan Kebahagiaan. Pada tahun 1988 Taman Nasional Nanda Devi dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Trek populer di wilayah Himalaya Garhwal yang membawa seseorang ke tempat tinggal Dewi Nanda Devi yang disucikan, alasan mengapa tempat itu menjadi salah satu gunung suci di dunia.

2. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji bukan hanya gunung tertinggi, tetapi juga gunung yang paling suci di Jepang.

Gunung Fuji dianggap suci dalam agama Buddha dan Shinto, dan karena juga merupakan gunung berapi aktif, gunung ini telah dihormati sebagai rumah dewa api, dewi Shinto, dan Dainichi Nyorai, Buddha Matahari Agung.

Gunung Fuji dianggap perwujudan dari semangat alam oleh penganut Shinto, umat Buddha Jepang memuja gunung sebagai pintu gerbang ke dunia lain. Di musim panas, itu adalah tempat ribuan peziarah mendaki ke puncak.

3. Gunung Agung, Bali

Terletak di Bali bagian timur, Gunung Agung sangat penting bagi orang Bali. Pura Induk Besakih, yang merupakan pura tersuci dan tersuci terbesar di Bali, terletak dengan nyaman di ketinggian 3000 kaki di lerengnya.

4. Gunung Sinai, Mesir

Terletak di Semenanjung Sinai Mesir. Gunung ini dipercaya bahwa ini tempat di mana Tuhan berbicara kepada Musa, dan itu juga menjadi tempat di mana Tuhan memberi Musa 10 Perintah. Dan kepercayaan ini telah menarik para peziarah selama lebih dari seribu tahun, dan belum ada tanda-tanda perlambatan ini.

5. Gunung Kailash, Tibet/China

Gunung Kailash adalah salah satu gunung paling suci di dunia, yang sebagian besar masih belum dapat diakses.

Menurut kitab suci agama Buddha dan Hindu, Gunung Kailash adalah perwujudan fisik Gunung Meru, yang memiliki gua dan biara kuno, yang hanya dapat dilihat oleh beberapa orang yang beruntung.

Sementara puncak ini diyakini sebagai tempat tinggal Dewa Siwa oleh umat Hindu, agama lain juga percaya bahwa tokoh agama penting mereka juga mengunjunginya.

Sumber : Bisnis.com