Ke Klaten, Jangan Lewatkan Surga Tersembunyi di Mranggen

Embung Mranggen. - Instagram @klateninfo.id
04 September 2021 06:47 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Destinasi wisata air selalu memiliki daya tarik tersendiri oleh wisatawan. Pengunjung bisa sekadar menikmati pemandangan hingga bermain air sepuasnya, salah satunya di Embung Mranggen, Klaten, Jawa Tengah.

Di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah terdapat destinasi wisata air yang bisa menjadi rujukan wisata. Ada yang alami, ada pula yang buatan. Kendati demikian, keduanya menawarkan pengalaman tersendiri.

Salah satu wisata air yang menarik untuk dikunjungi ialah Embung Mranggen di Dusun Nglembu, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Meski dibangun untuk tujuan konservasi, tetapi area tersebut juga memiliki daya tarik wisata.

Embung tersebut dibangun pada akhir 2016. Lokasinya berada di bawah jembatan tua penghubung Desa Mranggen dan Desa Blimbing, Kecamatan Karangnongko. Ia diapit dua sungai dangkal berair jernih dengan dua jembatan bambu penghubung.

Sekilas, embung itu mirip kolam renang. Dari jembatan tua yang hanya dapat dilalui sepeda motor itu, embung dengan luas sekitar 1.200 meter persegi itu menyembul di tengah pohon yang mengelilinginya.

Sebelum ada embung, warga Mranggen memang kesulitan memenuhi kebutuhan air setiap kemarau. Mereka harus menggali sumurnya lebih dalam lagi karena debitnya berkurang. Dengan adanya embung tersebut, kebutuhan air di masyarakat bisa terjaga setiap kemarau.

Selain untuk menjaga kebutuhan air, Embung Mranggen juga sering menjadi rujukan wisata. Embung yang dikelilingi pepohonan itu semakin menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Sayangnya, memang memiliki panorama yang Instagramable alias menarik untuk berswafoto dan diunggah di media sosial, nama Embung Mranggen terbilang masih kurang populer. Masyarakat setempat tengah berupaya menambah wahana tambahan untuk menarik wisatawan.

Umbul Kroman, salah satu spot alternatif yang ada di sekitar Embung Mranggen./Instagram @klateninfo.id

Mata Air

Tak jauh dari Embung Mranggen, ada destinasi air lain yang juga menarik dikunjungi, yaitu Umbul Kroman. Bedanya, Umbul Kroman merupakan mata air alami yang masih asri.

Umbul Kroman terletak di Dusun Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten. Lokasinya berjarak sekitar 200 meter di utara Embung Mranggen.

Dari jembatan bambu di utara embung, wisatawan bisa berjalan kaki menerabas semak belukar ke arah utara untuk menjumpai umbul tersebut. Nantinya, akan ada kolam alami berdinding tebing setinggi delapan meter yang menyambut pengunjung.

Umbul itu memiliki kedalaman satu meter dan airnya jernih. Tak perlu khawatir dengan terik matahari karena banyak pohon beringin tua yang akan menaungi meskipun berenang di siang hari.

Untuk menuju ke kedua destinasi tersebut, pengunjung bisa menempuh perjalanan 15 menit dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Klaten. Kini, destinasi tersebut seringkali menjadi rujukan pegowes.