Advertisement

Gowes ke Air Terjun Mranggen, Jangan Lupa Berkunjung ke Umbul Kroman

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 04 September 2021 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Gowes ke Air Terjun Mranggen, Jangan Lupa Berkunjung ke Umbul Kroman Pegowes berfoto di depan ikon Embung Mranggen. - (Instagram @m.khoirurizki_

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Seperti Embung Mranggen, Umbul Kroman yang berkedalaman satu meter berlantai pasir itu juga masih sepi pengunjung. Bahkan, destinasi itu justru dipercaya keramat oleh masyarakat sekitar.

Dilansir dari solopos.com, Keberadaan Umbul Kroman diyakini masih wingit. Sehingga masih sering digunakan untuk bersemedi pada malam hari bagi yang memercayainya.

Advertisement

Di samping itu, daya tarik mistis juga muncul dari destinasi Watu Sigong yang juga terletak tak jauh dari umbul tersebut. Watu Sigong adalah destinasi di mana ada 11 batu mirip gong yang dianggap keramat oleh warga.

Hal itu tak terlepas dari kepercayaan warga setempat yang pernah mendengar suara mirip gamelan dari kawasan batu itu berada. Apalagi, susunan batuan tersebut sekilas menyerupai tatakan saron.

Belasan batu andesit itu memiliki bentuk menyerupai gong dan berukuran seragam dengan masing-masing setinggi 35 sentimeter dan berdiameter 65 sentimeter. Batuan yang diperkirakan merupakan peninggalan pada era Mataram Kuno itu kini hanya berserak pada gundukan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Lima Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement