Puas di Embung Kaliaji, Jangan Lupa Oleh-Oleh Salak

Pengunjung memilih salak yang jadi komoditas utama Embung Kaliaji. - Instagram @omahsalak
11 September 2021 07:57 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kecamatan Turi memang dikenal sebagai penghasil salak. Sejak beberapa tahun terakhir, masyarakat setempat banyak yang diberdayakan untuk membuat olahan salak. Sehingga, ketika nilai jual buah salak tidak begitu tinggi, produk olahannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Buah salak sebenarnya sudah dijual petani setempat hingga luar daerah. Namun, banyak juga yang menggemari produk olahan salak, sehingga kini masyarakat setempat pun mulai membuat olahan salak dan menjualnya secara daring ke luar kota.

Sampai saat ini, produk olahan salak yang telah dihasilkan warga setempat antara lain sari salak, manisan, keripik, dodol, kopi, bakpia, hingga bolen berbahan salak. Sejumlah pihak mulai dari pemerintah hingga akademisi telah banyak yang memberikan perhatian pada olahan salak rumahan di Turi dan membantu para produsen dalam produksi dan pemasaran.

Salah satu produsen olahan salak di sana ialah Omah Salak. Lokasinya tak jauh dari Embung Kaliaji, sehingga bisa dijadikan rujukan ketika berkunjung.

Selain mengolah produk, Omah Salak juga membuka diri bagi wisatawan untuk mengambil paket wisata. Antara lain mulai dari belajar mengenai salak, memetik salak langsung dari pohonnya, bahkan mengikuti workshop membuat olahan salak.