Asyiknya Gowes dengan Rute Tempat Bersejarah di Jogja

Para penghobi gowes memulai start untuk bersepeda bersama-sama anggota komunitas. - Ist.
26 Oktober 2021 08:57 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Komunitas gowes di berbagai kota mulai bermunculan terutama saat pandemi Covid-19, salah satunya di Kota Jogja. Mereka membentuk kumpulan pesepeda dengan beragam latar belakang mulai dari antartetangga, teman kantor hingga kawan lama.

Selain menjadi sarana olahraga, gowes memberikan nuansa hiburan tersendiri bagi pelakunya karena hulu dari aktivitas ini seringkali destinasi wisata dan kuliner.

Sebuah komunitas sepeda alumni SMP Negeri 5 Kota Jogja bernama Pit Pawitikra pun menjadi salah satu yang aktif menggelar kegiatan. Sekumpulan alumni ini menjadikan sepeda sebagai media olahraga bersama sekaligus bertegur sapa dengan kawan lama dari beragam angkatan sekolah. Terakhir kelompok ini menggelar gowes bareng pada Minggu (24/10/2021) lalu sekaligus memperingati setahun berdirinya komunitas Pit Pawitikra.

Rute yang yang dituju pun menyasar destinasi wisata di Jogja yang cocok untuk tempat berfoto terutama tempat-tempat bersejarah. Rute tersebut memang banyak digunakan oleh para penghobi sepeda selain rute melewati perkampungan di Jogja.

“Rutenya sekitar 17 kilometer melewati titik-titik wisata bersejarah. Seperti Pengok Balai Yasa lalu berfoto-foto, Malioboro, Kepatihan, Plengkung, Wijilan, Alun-Alun Selatan, Kotagede. Di beberapa titik ada berfoto bersama,” kata Ketua Pit Pawitikra Ito Pramusito, Senin (25/10/2021).

Gowes itu diikuti sedikitnya 60 anggota komunitasnya mulai dari angkatan 1967 dan termuda 2019 dengan protokol kesehatan. Semua peserta yang akan mengikuti harus sudah divaksinasi sebanyak dua kali serta membawa perlengkapan seperti masker, helm, gloves serta lainnya.

“Komunitas gowes ini untuk untuk lebih mengakrabkan alumni Pawitikra, harapannya semakin guyub dengan kawan lama dan pada akhirnya bisa membawa nama baik sekolah,” kata Ketua Yayasan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pawitikra Muhammad Ismet. Selain dapat berkumpul gowes juga memberikan manfaat bagi kesehatan sekaligus komunitasnya menjadi wadah dari para penghobi sepeda.