Ribuan Wisatawan Serbu Candi Prambanan

Sejumlah wisatawan memasuki kawasan Candi Prambanan, Minggu (21/11). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.
22 November 2021 11:57 WIB Lugas Subarkah Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sekitar 3.000 wisatawan dari dalam dan luar daerah memasuki objek wisata Candi Prambanan pada Minggu (21/11). Jumlah yang tak jauh beda juga terjadi pada hari sebelumnya, Sabtu (20/11).

Para wisatawan terdiri dari rombongan keluarga, satu bus maupun teman sebaya. Salah satu wisatawan, Juan Febrin Aryanto, merupakan mahasiswa yang datang dari Grobogan, Jawa Tengah. Bersama tiga temannya ia ke Jogja naik sepeda motor.

BACA JUGA : Setelah Breksi, Giliran Wisata Candi Prambanan Dibuka

Ia mengaku berwisata ke Jogja dalam rangka libur pasca Ujian Tengah Semester (UTS) di kampusnya di daerah Semarang, selama seminggu. "Ke Jogja cuma sehari nanti langsung pulang. Cuma ke Prambanan," ujarnya, Minggu (21/11).

Wisata ini kata dia, baru pertama kalinya ia lakukan selama pandemi karena selama ini memang jarang berwisata ke luar daerah. Ia dan ketiga temannya juga telah divaksin Covid-19 sehingga bisa mengakses masik Candi Prambanan.

Wisatawan lainnya, Silvi, mengatakan mengunjungi Candi Prambanan bersama keluarganya naik mobil. "Di Jogja ada nikahan saudara, terus sekalian mampir ke sini," ujar perempuan dari Pati, Jawa Tengah ini.

BACA JUGA : Candi Prambanan Dinobatkan Jadi Pusat Ibadah Umat Hindu

Ia mengungkapkan jarang berwisata sampai Jogja karena lebih sering di daerah sekitar Pati saja. Namun tidak semua anggota keluarganya bisa masuk Candi Prambanan lantaran sebagian belum divaksin.