Lima Sate Kere di Jogja yang Gurih & Manjakan Lidah

Sate Kere Kupat Sayur Mbah Mardi. - Instagram @kulineryogya
15 Januari 2022 08:07 WIB Arief Junianto Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sate kere menjadi salah satu ragam kuliner populer di Jogja. Sesuai namanya, sate kere memang diidentikkan pada kaum miskin yang saat masa penjajahan menganggap daging adalah makanan mewah.

Mereka pun hanya bisa menyantap sate dengan bahan dasar jeroan sapi maupun tempe gembus yang disiram bumbu kacang.

BACA JUGA: Ingin Minum Teh Enak Sambil Bersantai di Jogja? Ini Tempat yang Cocok

Kini, jajanan ini justru menjadi idola, terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa lokasi yang bisa Anda jadikan referensi saat berburu sate kere di Jogja:

Sate Kere Kupat Sayur Mbah Mardi

Penyajian sate kere di tempat ini terbilang unik, yakni dengan menggunakan ketupat dan kuah yang pedas. Dengan harga mulai dari Rp11.000, Anda bisa menikmati perpaduan unik rasa sate kere yang manis dan smoky dengan kuah santan yang gurih nan pedas. Kedai yang beralamatkan di Jalan Godean Km.7,5, Sidomoyo, Kapanewon Godean, Sleman ini buka mulai pukul 16.00 WIB.

Waroeng Klangenan

Pada 2019 lalu, kedai ini mendadak viral lantaran dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarganya. Kedai berkonsep angkringan ini juga memiliki keunikan, yakni pengunjung bisa memanggang sendiri sate kerenya sehingga tingkat kematangan pun bisa disesuaikan dengan selera mereka masing-masing. Sate kere yang dijual di sini pun relatif murah, yakni Rp1.000 per tusuk. Kedai yang berlokasi di Banyuraden, Kapanewon Gamping, Sleman dan Jalan Patangpuluhan, Jogja ini buka mulai pukl 10.00 WIB.

Sate Kere Pasar Kotagede

Pasar Kotagede memiliki segudang jajanan khas, salah satunya adalah sate kere. Tak sulit menemukan penjual sate kere di pasar yang berlokasi di Prenggan, Kemantren Kotagede, Jogja ini. Selain itu, harganya pun murah, yakni Rp10.000 per tiga tusuk. Biasanya para pedagang sate kere di pasar ini bisa ditemulai mulai pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA: Warung Pecel yang Dikenal Enak di Jogja & Bisa Jadi Referensi

Sate Kere Pasar Beringharjo

Berkunjung ke Malioboro, kurang lengkap jika tak mencicipi jajanan yang satu ini. Sejak pagi hari, sejumlah pedagang sate kere sudah duduk berjajar rapi di sisi selatan Pasar Beringharjo, tepatnya di sisi utara Benteng Vredeburg. Harga yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan di lokasi lainnya, yakni Rp10.000 per tiga tusuk satai.

Sate Kere Mbak Dina

Jika berkunjung ke Sindu Kusuma Edupark di kawasan Jambon, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Sleman, Anda wajib mencicipi sate kere di seberangnya. Dengan rasa yang cenderung manis bercampur pedas, sate kere di kedai ini dijual dengan harga bervariasi, mulai Rp2.500-Rp3.000 per tusuk. Kedai ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 16.00 WIB.