Advertisement

Daftar Tempat Ciblonan Alami nan Murah di Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 17 Januari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Daftar Tempat Ciblonan Alami nan Murah di Jogja Suasana perang air sebagai salah satu agenda padusan di Kedung Pedut, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Senin (14/5 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ciblon alias bermain air, masih jadi favorit banyak orang. Kegiatan ini sangat menyenangkan sehingga tidak hanya anak-anak yang suka tetapi juga orang dewasa.

Ciblon bisa dilakukan di sumber air mana saja, tergantung selera masing-masing orang. Ada yang suka mainan air di tempat yang masih alami seperti di kali atau kolam pemandian, ada pula yang suka di wisata wahana air seperti Jogja Bay.

Advertisement

Nah, bicara lokasi ciblon yang alami, banyak tempat di Jogja yang bisa dikunjungi. Hampir semua kabupaten memiliki objek wisata air semacam ini.

Berikut ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Curug Pulosari

Mengutip Wikipedia, Curug Pulosari atau Air Terjun Pulosari adalah objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Bantul bagian barat, letaknya di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Pengunjung bisa ciblon atau berenang di tempat ini dengan ditemani suara deburan air yang jatuh dari ketinggian. Dari postingan akun Instagram @herdiansyah002 yang diposting ulang oleh @jogja24jam, terlihat air di Curug Pulosari berwarna hijau. Pepohonan yang ada di sekitar air terjun juga menambah kealamian tempat ini.

Baca juga: Ada Wisata Kebugaran di Jogja, Lokasinya di Sleman

Hanya dengan modal Rp2.000, Anda bisa menikmati wahana air alami di tempat ini. 

2. Blue Lagoon

Salah satu tempat ciblonan di Sleman adalah Blue Lagoon Tirta Budi. Lokasinya berada di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa melewati Jalan Kaliurang. Sampai di pertigaan Besi atau di Kilometer 12,3, Anda belok ke timur sekitar 5 kilometer. Sampai di pertigaan Jangkang, Anda bisa belok ke kanan 200 meter dan sampailah di Dusun Dalem. 

Blue Lagoon adalah sebuah aliran sungai berwarna kehijauan. Ada dam yang sengaja dibuat untuk tempat berenang. Pengunjung bisa memilih kedalaman air karena kedalaman berkisar 1-3 meter. Sementara untuk anak-anak balita bisa bermain air di lokasi yang lebih dangkal. 

Banyak gazebo di sepanjang kali sehingga cocok bagi anggota keluarga yang ingin bersantai di tempat ini. Banyaknya pohon bambu membuat tempat ini rindang dan sejuk. Tiketnya kisaran Rp10.000 per orang. 

3. Air Terjun Sri Getuk

Beralih dari Sleman, ada tempat ciblonan lainnya di daerah Gunungkidul yaitu Air Terjun Sri Getuk. Air Terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit.

Lokasi ciblonannya terbagi di dua tempat. Pertama, di lokasi air terjun dan kedua di Sungai Oyo. Di lokasi air terjun cocok bagi anak-anak dan orang-orang yang takut dengan kedalaman. Sementara bagi pecinta alam, bisa memilih ciblonan di Sungai Oyo karena kedalamannya lebih dari 10 meter. 

Biaya masuknya Rp15.000 per orang, sudah termasuk kunjungan wisata ke Goa Rancang yang lokasinya tak jauh dari pintu masuk air terjun. Sementara untuk menaiki rakit dibanderol Rp10.000 per orang. 

4. Kedung Pedut

Lokasi ciblonan selanjutnya adalah Kedung Pedut. Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut berasal dari istilah bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun, kedung berarti kubangan atau kolam, dan pedut berarti kabut. Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang di Kulonprogo yang dikenal karena keindahan warna airnya.

Alamatnya ada di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tiket masuknya juga terjangkau. Hanya dengan membayar sekitar Rp10.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati kesegaran air terjun dan keasrian perbukitan Menoreh. 

Foto yang diposting @syazwansanip dan diposting ulang oleh @kedungpedut menunjukkan warna air terjun yang kebiruan. Kesegaran airnya cocok bagi kamu yang butuh relaksasi.  

Itulah empat lokasi wisata air di Jogja yang cocok untuk ciblonan. Berminat ke sana? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement