Advertisement

Mengenal 8 Destinasi Wisata di Dieng Wonosobo, Adem Bener!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 28 Januari 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal 8 Destinasi Wisata di Dieng Wonosobo, Adem Bener! Jalan menuju Kawah Sikidang Dieng - Instagram @info_seputar_dieng

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wonosobo mendadak jadi trending Twitter hari ini, Jumat (28/1/2022). Warganet banyak yang mengungkapkan kegagumannya pada daerah ini karena memiliki banyak wisata yang menggiurkan.

Berbicara Wonosobo, salah satu lokasi wisata yang populer di telinga masyarakat adalah Dieng. Dikutip dari Wikipedia, Dieng adalah sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya berada di dataran tinggi sehingga membuat hawa di tempat ini sangat adem.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam satu wilayah, Dieng memiliki banyak objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan. Objek wisata apa saja? Simak ulasan berikut ini:

1. Puncak Sikunir

Waktu tempuh menuju Puncak Sikunir hanya berkisar 30 hingga 60 menit. Meski harus menaiki jalan menanjak dan melelahkan, tetapi rasa capai akan terbayarkan setelah menyaksikan pemandangan indah dari puncak.

Jika ingin menyaksikan golden sunrise dari Puncak Sikunir, pengunjung harus tiba di lokasi sebelum pukul 5.00 WIB. Bentangan alam dan panorama indah Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Merapi akan menyapa pengunjung jika cuaca cerah.

2. Candi Arjuna

Candi Arjuna berada di pusat Dieng yang lokasinya mudah dijangkau. Setiap tahun, candi bercorak Hindu ini menjadi tempat prosesi potong rambut gimbal yang biasa diselenggarakan sebagai penutup rangkaian Festival Budaya Dieng.

Baca juga: Wisata Alam Bantul yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau ke Jogja

3. Kawah Sikidang

Pengunjung yang datang akan disambut dengan kawah menganga yang penuh dengan asap belerang. Namun tenang, pagar pembatas yang ada di sekeliling kawah ini akan membatasi pengunjung supaya tidak terlalu dekat dengan kawah.

Advertisement

Air di dalam kawah menggumpal-gumpal layaknya air mendidih. Bahkan sumber air yang muncul di sekitar kawah bisa dimanfaatkan untuk merebus telur.

4. Telaga Warna

Tidak jauh dari Kawah Sikidang, pengunjung bisa mampir ke Telaga Warna. Sesuai namanya, telaga ini memiliki warna cantik dan bahkan bisa berubah-ubah saat kemarau tiba. Bagi yang beruntung, pengunjung bisa menyaksikan perubahan warna air dari warna hijau, merah, biru, hingga kuning.

5. Telaga Pengilon

Telaga ini bersebelahan dengan Telaga Warna. Airnya pun jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Advertisement

6. Batu Pandang Ratapan Angin

Objek wisata ini berada di ketinggian dan merupakan spot favorit untuk menyaksikan indahnya Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Namanya di ketinggian, pengunjung harus berjalan menanjak untuk bisa sampai di tempat ini.

7. Gunung Prau

Jika belum puas dengan Puncak Sikunir, pengunjung masih bisa mencoba sensasi hiking ke Gunung Prau. Gunung ini merupakan gunung dengan puncak tertinggi di daerah Dieng. Tingginya 2.600 mdpl. Pengunjung bisa berkemah di sini sembari menanti sunrise.

8. Dieng Plateau Theatre

Teater Dieng Plateau merupakan sebuah gedung bioskop yang khusus menampilkan film dokumenter tentang kehidupan masyarakat di Dataran Tinggi Dieng.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement