Advertisement

5 Tempat Berburu Durian di Jogja dan Sekitarnya, Enggak Enak Bisa Tukar

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 03 Februari 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tempat Berburu Durian di Jogja dan Sekitarnya, Enggak Enak Bisa Tukar Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Anda termasuk penggemar buah durian? Nah, bagi yang ingin mencari buah musiman ini selain di supermarket atau pasar tradisional, Anda bisa datang ke Jogja karena banyak tempat yang menyajikan beragam durian yang bisa menggoyang lidah.

Berikut ini Harianjogja.com menyajikan tempat-tempat penjual buah durian di Jogja dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi saat musim panen tiba: 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Kalibawang

Kapanewon Kalibawang merupakan salah satu sentra durian khas Kulonprogo yang sangat dikenal masyarakat Jogja. Saat musim panen tiba, di depan rumah-rumah penduduk sudah disediakan lapak untuk menjual durian hasil panenan mereka sendiri.

Harganya bervariasi tergantung ukuran duriannya. Anda bisa menikmatinya langsung di tempat atau dibawa pulang. Bagi yang tak bisa memilih, penjual akan memilihkan buah terbaik untuk Anda. Namun jika buah yang dibuka ternyata asam, busuk, atau masih muda, Anda bisa menukarnya, asalkan masih berada di tempat.

Pemerintah Kulonprogo biasanya rutin menggelar festival durian Kalibawang di Embung Tonogoro, namun karena pandemi Covid-19 kegiatan lantas ditiadakan.

Baca juga: Musim Durian Merapi Tiba, Warga Jogja Serbu Pasar Kembang

2. Depan TVRI

Masyarakat Jogja tentu tidak asing dengan para penjual durian di depan TVRI Jalan Magelang. Ya, sepanjang trotoar ini memang sudah bertahun-tahun menjadi sentra durian.

Jenis durian yang dijual tidak hanya durian Kalibawang tetapi ada juga dari Candimulyo Magelang, dan luar daerah lainnya. Meski harganya lebih mahal dari harga di petani langsung, tetapi pedagang di TVRI ini selalu kelarisan.

Advertisement

Mereka ada yang berjualan sampai malam sehingga bisa menjadi jujugan para penggemar yang tiba-tiba ingin makan durian di malam hari.

3. Bhumi Durian

Bagi yang ingin menikmati sensasi makan durian di cafe, Bhumi Durian bisa jadi solusinya. Lokasinya di daerah Monjali, Jogja.

Di sini, pengunjung bisa menyantap durian sembari duduk santai di kursi-kursi yang disediakan. Beragam jenis durian dihadirkan di sini, mulai dari durian kupas Medan, durian barung balantai dari Padang, durian Padang Pesisir, dan masih banyak lagi. Harganya mulai Rp50.000.

Advertisement

Selain menu durian dan beragam olahannya, Anda juga bisa memesan menu lain seperti nasi ayam penyet hingga sup iga bakar.

4. Pasar Kembang

Tak jauh dari Sleman timur, ada sentra pedagang durian yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Apalagi kalau bukan sentra durian Pasar Kembang, Klaten.

Lokasinya berada di dekat Pasar Kembang. Sampai di tempat ini, bau menyengat durian sudah sangat terasa karena di sepanjang jalan dipenuhi dengan pedagang-pedagang durian.

Durian yang dijual berasal dari Lereng Merapi. Anda bisa membeli dan membawanya pulang, bisa juga langsung makan di tempat. Biasanya, pedagang akan menyediakan tempat cuci dan air putih.

Advertisement

5. Candimulyo

Candimulyo, Magelang juga merupakan sentra tanaman durian. Banyak warga di sini yang memiliki pohon durian, baik di pekarangan rumah atau di lahan sawah.

Mereka menjadikan tanaman ini sebagai ladang bisnis. Tidak heran jika saat panen raya, masing-masing rumah akan membuka lapak untuk menjajakan hasil panennya.

Harganya mulai Rp20.000 atau tergantung besar kecilnya durian. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat durian Candimulyo ini banyak diburu pecinta durian dari berbagai daerah, salah satunya Jogja.

Itulah spot-spot berburu durian di Jogja dan sekitarnya. Anda tertarik? Selamat mencoba

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement