Advertisement

Musim Panen Tiba! Saatnya Berburu Durian Khas Jogja, Ini Cirinya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 04 Februari 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Musim Panen Tiba! Saatnya Berburu Durian Khas Jogja, Ini Cirinya Ilustrasi Durian - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Selain salak, Jogja juga menjadi daerah penghasil durian. Lokasinya ada di Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Di sini Anda bisa menikmati durian khas Jogja yang legit.

Para pecinta durian lebih akrab menyebutnya dengan durian Menoreh karena dipetik dari perkebunan di bukit Menoreh, Kulonprogo. Buah berkulit duri dengan bau yang menyengat ini sangat mudah ditemui pada bulan-bulan September-Februari.

Advertisement

Melansir dari Website Kabupaten Kulonprogo, durian Menoreh di Desa Wisata Banjaroya menjadi primadona yang ditawarkan di destinasi ini.

Durian Menoreh memiliki ciri khas rasa yang berbeda dibanding durian dari daerah lain. Aromanya kuat, daging buahnya tebal, dan rasanya mantap.

Dari sisi fisiknya, durian Menoreh memiliki daging buah berwarna kuning kemerahan. Kendati demikian ada pula yang berwarna putih. Sementara dari jenisnya ada durian Menoreh kuning dan durian Menoreh jambon.

Baca juga: Musim Durian Merapi Tiba, Warga Jogja Serbu Pasar Kembang

Durian Menoreh merupakan hasil panen dari warga setempat yang dipetik dari pohon di kebun mereka masing-masing. Beberapa warga ada yang menjualnya dengan sistem tebas satu pohon, ada pula yang langsung menjualnya ke pasar atau membuka lapak sendiri di depan rumah.

Mayoritas durian yang terdapat di desa wisata Banjaroya berasal dari kebun warga dengan pohon yang sudah berusia tua bahkan beberapa di antaranya sudah berumur ratusan tahun.

Untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berwisata durian di desa wisata Banjaroya, pengelola menawarkan paket wisata Agro Durian. Wisatawan dapat berkeliling kebun durian dan menikmati durian langsung dari pohon petani. Selain itu, wisatawan dapat mempelajari cara pembudidayaan durian Menoreh melalui paket ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bolos Kerja di Hari Pertama Kerja setelah Lebaran, Pegawai Pemkab Sleman Disanksi

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya

Lifestyle
| Selasa, 16 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement