Advertisement

Musim Panen Tiba! Saatnya Berburu Durian Khas Jogja, Ini Cirinya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 04 Februari 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Musim Panen Tiba! Saatnya Berburu Durian Khas Jogja, Ini Cirinya Ilustrasi Durian - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Selain salak, Jogja juga menjadi daerah penghasil durian. Lokasinya ada di Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Di sini Anda bisa menikmati durian khas Jogja yang legit.

Para pecinta durian lebih akrab menyebutnya dengan durian Menoreh karena dipetik dari perkebunan di bukit Menoreh, Kulonprogo. Buah berkulit duri dengan bau yang menyengat ini sangat mudah ditemui pada bulan-bulan September-Februari.

Melansir dari Website Kabupaten Kulonprogo, durian Menoreh di Desa Wisata Banjaroya menjadi primadona yang ditawarkan di destinasi ini.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Durian Menoreh memiliki ciri khas rasa yang berbeda dibanding durian dari daerah lain. Aromanya kuat, daging buahnya tebal, dan rasanya mantap.

Dari sisi fisiknya, durian Menoreh memiliki daging buah berwarna kuning kemerahan. Kendati demikian ada pula yang berwarna putih. Sementara dari jenisnya ada durian Menoreh kuning dan durian Menoreh jambon.

Baca juga: Musim Durian Merapi Tiba, Warga Jogja Serbu Pasar Kembang

Durian Menoreh merupakan hasil panen dari warga setempat yang dipetik dari pohon di kebun mereka masing-masing. Beberapa warga ada yang menjualnya dengan sistem tebas satu pohon, ada pula yang langsung menjualnya ke pasar atau membuka lapak sendiri di depan rumah.

Mayoritas durian yang terdapat di desa wisata Banjaroya berasal dari kebun warga dengan pohon yang sudah berusia tua bahkan beberapa di antaranya sudah berumur ratusan tahun.

Untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berwisata durian di desa wisata Banjaroya, pengelola menawarkan paket wisata Agro Durian. Wisatawan dapat berkeliling kebun durian dan menikmati durian langsung dari pohon petani. Selain itu, wisatawan dapat mempelajari cara pembudidayaan durian Menoreh melalui paket ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

Gunungkidul
| Senin, 26 September 2022, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tahapan Membentuk Alis Agar Rapi dan Enak Dipandang

Lifestyle
| Senin, 26 September 2022, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement