Advertisement

Tips Sepele Mendapatkan Durian yang Manis, Selamat Mencoba!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 04 Februari 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Sepele Mendapatkan Durian yang Manis, Selamat Mencoba! Para pengunjung mendatangi Durian Fest di area drop off Jogja City Mall, Jumat (11/1). Acara ini ditargetkan akan dihadiri 2.000 pengunjung. Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak semua orang mahir memilih buah durian. Meski dari luarnya tampak sempurna, belum tentu daging buahnya manis.

Buah yang dijuluki king of fruit atau rajanya buah ini memang sulit ditebak. Perlu kejelian dan keahlian tersendiri untuk mendapatkan buah yang manis, legit, dan tanpa cacat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kamu tentu tidak ingin kan merasa kecewa karena sudah bayar mahal tapi duriannya asam atau malah belum matang?

Nah buat kamu yang merasa bukan jagonya pemilih durian, sepertinya perlu melakukan hal sepele ini untuk bisa mendapatkan durian yang rasanya manis dan setara dengan uang yang sudah kamu keluarkan.

Apa saja? Simak dalam ulasan berikut yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Tanyakan Apakah Boleh Dicoba di Tempat

Pertanyaan ini tentu tidak berlaku di supermarket karena barang yang dibeli harus dibawa pulang dan tidak dapat dikembalikan, apalagi dimakan di tempat.

Kamu bisa menanyakan hal ini kepada pedagang durian di pinggir jalan, pasar tradisional, dan sentra-sentra penghasil durian. Jika diperbolehkan mencoba di tempat dan hasilnya sesuai harapan, kamu baru bisa menyantapnya atau membawanya pulang.

Baca juga: 5 Tempat Berburu Durian di Jogja dan Sekitarnya, Enggak Enak Bisa Tukar

Advertisement

2. Tanyakan Apakah Boleh Tukar

Selain menanyakan apakah boleh dicoba di tempat, kamu juga perlu menanyakan apakah buah yang sudah dicoba tapi ternyata asam boleh ditukar atau tidak.

Biasanya, pedagang di pinggir jalan atau di sentra durian akan memberi jaminan buah tidak enak uang kembali, atau bisa ditukar dengan durian yang lain yang lebih layak dimakan.

3. Cium Aromanya

Jika cara pertama dan kedua tak mempan, kamu terpaksa memilih durian sendiri. Tapi jangan khawatir! Kamu bisa mendeteksi kenikmatan durian dari aromanya.

Advertisement

Silakan dekatkan hidung dengan kulit durian! Tapi hati-hati jangan sampai tertusuk karena kulit durian sangat tajam. Kemudian ciumlah aromanya! Durian matang aromanya sangat menyengat dan harum.

4. Lihat Bentuknya

Umumnya, durian yang berkualitas bagus berbentuk bulat. Durian dengan bentuk bulat biasanya memiliki daging berwarna kuning serta lebih matang dan cenderung lebih nikmat.

5. Lihat Kulitnya

Pastikan memilih durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Sebab, tidak jarang kita mendapati durian yang bagian ujungnya terbuka sedikit karena jatuh dari pohon.

Ketika durian dibiarkan terlalu matang, ia akan jatuh dari pohon dan membuat kulitnya sedikit terbuka. Hal ini bisa berdampak buruk karena rasa manis yang ada akan menjadi hambar.

Advertisement

Itulah lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan saat memilih durian. Selamat mencoba!

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement