Advertisement

Wisata Jogja: Yang Jarang Diketahui Wisatawan saat Berbelanja di Pasar Beringharjo

Bhekti Suryani
Sabtu, 12 Februari 2022 - 11:37 WIB
Bhekti Suryani
Wisata Jogja: Yang Jarang Diketahui Wisatawan saat Berbelanja di Pasar Beringharjo Pedagang beraktivitas di los Barat Pasar Beringharjo, Senin (3/5/2021). - \\r\\nHarian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berwisata ke Jogja tak lengkap bila belum mampir ke Pasar Beringharjo. Pasar legendaris di Jogja ini menjual berbagai macam produk yang potensial dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Selama ini banyak lapak dagangan di Beringharjo yang belum diketahui wisatawan.

Pasar Beringharjo, dikenal sebagai pasar tradisional yang besar, lengkap dan bersejarah di Jogja. Dilansir dari berbagai sumber, pasar ini telah dibangun pada 1925, jauh sebelum Indonesia merdeka dan Kraton Jogja menggabungkan diri ke Indonesia.

Terletak di jantung Kota Jogja tepatnya di kawasan Malioboro, pasar ini kerap menjadi tujuan wisatawan saat berwisata ke Jogja. Pasalnya, barang-barang berharga miring banyak dijual di sini.

Beringharjo memiliki dua bangunan utama. Di sebelah barat dua lantai dan sebelah timur tiga lantai. Pengunjung yang memasuki pasar ini bisa mengeksplorasi banyak hal.

Selama ini, lokasi yang paling sering dikunjungi adalah bangunan di sebelah barat dua lantai yang merupakan pusat fesyen seeperti batik. Namun bergerak sedikit ke belakang atau bangunan timur, pengunjung bisa menemukan banyak hal.

BACA JUGA:Kipo, Jajanan Tradisional Jogja yang Semakin Langka. Yuk Bikin!

Mulai dari oleh-oleh seperti makanan, lapak makanan seperti soto, bakso dan lainnya yang cukup legendaris, berbagai produk kerajinan, barang antik hingga masih banyak lagi.

Bahkan, banyak wisatawan yang belum tahu barang-barang kerajinan dari produk-produk UMKM, beragam bumbu atau rempah, hingga sentra pakaian pengantin dan perlengkapan pernikahan dijual di sini. Ada pula barang-barang antik seperti kaset jadul, uang jadul dan masih banyak lagi. Selama ini, kebanyakan wisatawan hanya berbelanja fesyen di bangunan sebelah barat.

Jadi, bila berkunjung ke Pasar Beringharjo, jangan hanya mengeksplorasi bangunan sebelah barat saja, sebab sangat banyak sekali barang-barang yang bisa dijelajahi di bangunan timur pasar.

Bahkan untuk memudahkan pengunjung, disediakan parkir di lantai paling atas Malioboro. Caranya pengunjung masuk dari timur, dan langsung membawa kendaraan ke atas agar tidak capai menaiki tangga lagi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar, Terbanyak untuk Operasional & Honor Panitia

Gunungkidul
| Minggu, 14 Agustus 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Berikut Efek Samping dari Jus Seledri

Lifestyle
| Minggu, 14 Agustus 2022, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement