Advertisement

5 Tempat Makan Gudeg Legendaris di Jogja yang Harus Kamu Coba

Daffa Firdaus Najati/ST20
Rabu, 16 Februari 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
5 Tempat Makan Gudeg Legendaris di Jogja yang Harus Kamu Coba Gudeg Mercon Bu Tinah. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berlibur ke Jogja tidak afdal jika tidak mengunjungi tempat makan gudeg, kuliner khas legendaris Jogja.

Makanan dengan komposisi nangka muda, krecek, dan disiram dengan santan ini dapat memanjakan lidah. Gudeg biasanya dinikmati bersama lauk seperti ayam, telur, maupun aneka gorengan.

BACA JUGA: Wisata Jogja: 5 Desa Wisata Ter-hits di Bantul

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ada banyak tempat untuk menikmati gudeg di Jogja, berikut beberapa tempat makan gudeg di Jogja yang harus kamu coba.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon berada di Jl. Prof. Dr. Soepomo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja. Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1985 dan merupakan salah satu gudeg tertua di Jogja, dengan daya tarik tersebut hingga kini Gudeg Pawon selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Jogja maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja.

Gudeg Pawon hanya buka kurang lebih dua jam dari mulai jam 22.00 WIB, hal tersebut dikarenakan ramainya pembeli yang datang untuk menikmati gudeg ini. Per porsinya, Gudeg Pawon dibanderol dengan harga Rp 12.000 sampai Rp 30.000.

Gudeg Mercon Bu Tinah

Sesuai namanya, Gudeg Mercon Bu Tinah memiliki rasa yang sangat pedas, rasa pedas gudeg ini berasal dari oseng-oseng krecek pada gudeg. Gudeg Mercon Bu Tinah buka dari pukul 21.30 WIB sampai 03.00 WIB dini hari. Kamu dapat menikmati gudeg pedas ini di lesehan trotoar pinggir jalan dengan harga per porsinya Rp 15.000 sampai Rp 25.000. Lokasi Gudeg Mercon Bu Tinah berada di Jl. Asem Gede, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja atau sebelah barat Tugu Jogja.

Gudeg Sagan

Advertisement

Gudeg Sagan selalu menjadi perhatian pengunjung karena memiliki aneka ragam makanan pendamping seperti sate-satean, gorengan, telur, dan ayam. Gudeg Sagan dibanderol dengan harga Rp 8.000 sampai Rp. 32.500 dan buka mulai pukul 11.00 WIB.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum sangat legendaris di Jogja karena memiliki cita rasa yang khas dengan resep yang turun-temurun. Cara memasak gudeg ini juga masih menggunakan kayu bakar untuk mempertahankan cita rasa yang khas. Gudeg Yu Djum juga menyediakan gudeg kering yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Harga Gudeg Yu Djum dibanderol dengan harga kisaran Rp6.000 sampai Rp 35.000. Adapun lokasi Gudeg Yu Djum berada di Jl. Kaliurang KM 4,5 Sleman.

Advertisement

Gudeg Cukupan Batas Kota

Gudeg Cukupan Batas Kota berada di perbatasan Kota Jogja dan Sleman tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto No.41, Depok, Sleman. Rasa gudeg ini tidak terlalu manis seperti gudeg pada umumnya dan terdapat suwiran ayam yang lezat. Kamu dapat menikmati gudeg ini dilengkapi dengan sate-satean, aneka gorengan, dan kerupuk. Harga per porsinya berkisar Rp13.000 sampai Rp28.000 dan buka dari pukul 20.00 WIB sampai 03.00 WIB dini hari.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

Gunungkidul
| Senin, 26 September 2022, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tahapan Membentuk Alis Agar Rapi dan Enak Dipandang

Lifestyle
| Senin, 26 September 2022, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement