Advertisement

Tahun Ini Ada 140 Agenda Wisata Unggulan di Penjuru DIY, Ini Contohnya

Sirojul Khafid
Minggu, 27 Februari 2022 - 11:52 WIB
Budi Cahyana
Tahun Ini Ada 140 Agenda Wisata Unggulan di Penjuru DIY, Ini Contohnya Launching Calender of Event 2022 oleh Dinas Pariwisata DIY di Hotel Eastparc Jogja, Depok, Sleman, Jumat (25/2/2022). - Harian Jogja/Anton Wahyu Prihartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata DIY me-launching 140 event atau agenda unggulan wisata yang akan terselenggara di sepanjang 2022.

BACA JUGA: Ingin Piknik Bareng Bajingan? Ini 4 Wisata Gerobak Sapi di Jogja

Dari 140 agenda ini, 53 berjenis event budaya, dengan 45 berupa festival atau seni pertunjukan dan delapan berupa pameran. Selain event budaya, adapula 13 agenda sport tourism, 13 event lomba atau kompetisi, delapan event musik, dan lainnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Beberapa agenda di Februari seperti Pertunjukan Barongsai, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta, Melasti, sampai turnamen golf. Sementara di Maret ada agenda seperti Tingalan Jumenengan Dalem, Labuhan Merapi, Marathon, Tour de Ambarrukmo, Nyadran, Warsimah Pasaran, dan lainnya. Seluruh agenda ini berasal dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, kabupaten dan kota di DIY, Kraton Jogja, Pura Pakualaman, komunitas, sampai masyarakat. Di samping 140 agenda unggulan di atas, ada  pula agenda lain yang tetap perlu dinikmati.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, launching Calender of Event Jogja 2022 ini sebagai upaya mewujudkan DIY menjadi pusat pendidikan budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara pada 2025. Hal ini bagian dari master plan yang berlangsung dari 2005 sampai 2025.

Launching dengan tema Pesona Jogja, harapannya bisa menginformasikan agenda di DIY kepada wisatawan. “Nantinya bisa menjadi inspirasi atau informasi jadwal wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Dalam rangka memberikan inspirasi travel agent untuk membuat paket wisata. Kami harapkan kalender ini bagian dari promosi pariwisata kami,” kata Singgih dalam launching di Hotel Eastparc Jogja, Depok, Sleman, Jumat (25/2).

Berbagai agenda ini, bisa menjadi pewarna jalannya tahun 2022. “Serta bisa menjadi peluang mendongkrak kunjungan wisata dan juga perekonomian,” katanya.

Membacakan sambutan Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengatakan sektor pariwisata berkontribusi besar pada perekonomian di DIY. Pengembangan kebijakan pariwisata di DIY yang termuat dalam visi pembangunan DIY pada tahun 2025 dijabarkan dalam misi tentang perlunya mewujudkan kepariwisataan yang kreatif dan inovatif.

“Dengan tema Pesona Jogja, maka diharapkan dapat menjadi spirit mengangkat kembali wisata Jogja melalui event unggulan DIY setelah terdampak pandemi. Kegiatan launching Calender of Event 2022 mempunyai tujuan memperkenalkan agenda pariwisata DIY kepada khalayak luas, berikan referensi dan informasi penyelenggaraan event secara lengkap kepada wisatawan. Nantinya bisa mengatur jadwal liburan lebih baik,” kata Sri Paduka Paku Alam X.

Advertisement

Secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan saat ini tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif cukup berat dengan adanya pandemi. Terlebih pada penyelenggaraan event yang sebelumnya menjadi hiburan bagi masyarakat.

BACA JUGA: 5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Ada Soto hingga Gudeg

“Dengan adanya penyelenggaraan kegiatan atau event dapat menjadi sarana promosi untuk tingkatkan wisata yang berkunjung ke DIY. Kami menyambut baik dan mendukung 140 event unggulan dengan berbagai konsep dan inovasi ini. Saya berikan apresiasi kepada Pemda DIY dan penyelenggara, sehingga bisa mendatangkan baik wisatawan nasional maupun internasional,” kata Sandiaga.

Advertisement

“Semoga memberi dampak pada pemulihan dan kebangkitan wisata dan ekonomi kreatif, serta bisa mewujudkan kesejahteraan bangsa.”

 

 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement