Advertisement

5 Jajanan Favorit di Alun-Alun Kidul Jogja, Enak dan Murah

Daffa Firdaus Najati/ST20
Minggu, 27 Februari 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
5 Jajanan Favorit di Alun-Alun Kidul Jogja, Enak dan Murah Pengunjung Alun-Alun Kidul Jogja menutup matanya dan berupaya melewati dua pohon yang ada di tengah lapangan, Jumat (12/2/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Alun-Alun Kidul (Alkid) menjadi destinasi wisata Jogja yang ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat lokal. Salah satu daya tariknya adalah beragam kuliner yang dijual di sepanjang Alkid, dari jajanan ringan sampai makanan berat.

BACA JUGA: 5 Lokasi Wisata Terbaik untuk Menikmati Sunrise di Jogja, Lengkap dengan Tarifnya

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kebanyakan orang pergi ke Alkid untuk memburu jajanan ringan sembari menikmati suasana senja dan malam hari. Berikut 5 jajanan yang menjadi favorit di Alkid karena enak dan murah:

Bakso Tusuk Kuah Alkid

Gerobak Bakso Tusuk Kuah di Alkid ini selalu ramai dikerubungi oleh pembeli, sampai-sampai penjualnya tidak terlihat. Bakso tusuk ini menyediakan menu bakso bermacam-macam, seperti bakso urat, bakso telur, tahu bakso, bakso telur jumbo, dan bakso biasa. Rasanya yang lezat, gurih, dan kenyal membuat pembeli tidak sabar ingin segera mencicipinya. Harga per 1 buah baksonya Rp1.000, dan jika membeli Rp8.000 nantinya akan diberi bonus dua buah bakso secara gratis. Selain itu, pembeli juga bisa menyesuaikan sendiri tingkat kepedasan sambal dan saus baksonya. Bakso Tusuk Kuah Alkid ini buka dari pukul 16.00 WIB-habis.

Cilor dan Maklor

Cilor (aci telor) dan maklor (makaroni telor) banyak ditemui di sepanjang jalan di Alkid, harganya mulai Rp5.000 untuk porsi kecil dan Rp10.000 untuk porsi jumbo. Rasa yang ditawarkan juga beragam, dari mulai asin, gurih, pedas, manis, balado, hingga rasa jagung bakar. Pembeli bisa request rasa cilor dan maklor sesuai dengan keinginan. Biasanya, pedagang-pedagang cilor dan maklor mulai berjualan pada pukul 16.00 WIB-habis.

Telur Gulung

Advertisement

Telur gulung bisa ditemui dimana-mana, namun telur gulung di Alkid akan menimbulkan sensasi tersendiri ketika membelinya. Satu cup telur gulung biasanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, hanya dengan Rp5.000 sudah bisa mendapat 4-5 tusuk telur gulung lengkap dengan saus, kecap, serta mayonaise.

Wedang Ronde

Minuman khas Jogja ini masih menjadi favorit banyak orang, wedang ronde merupakan minuman jahe hangat yang disajikan menggunakan mangkuk kecil dengan isian bulatan kenyal, roti tawar, kolang-kaling, dan sagu mutiara. Cocok dinikmati di malam hari untuk menghangatkan tubuh. Wedang ronde biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp8.000 sampai Rp10.000.

Advertisement

BACA JUGA: Tahun Ini Ada 140 Agenda Wisata Unggulan di Penjuru DIY, Ini Contohnya

Terang Bulan Jadul

Terang Bulan Jadul ini sudah sangat jarang ditemui di berbagai tempat, namun di Alun-Alun Kidul Jogja masih ada orang yang menjualnya. Meski harganya tidak semurah seperti zaman dulu, namun rasanya masih sangat otentik sehingga mengingatkan kita akan jajanan jadul. Terang bulan ini disajikan dalam kondisi dingin kemudian diolesi mentega, diberi meses, susu coklat, dan gula halus. Olesan lain juga tersedia seperti selai blueberry, strawberry, nanas, keju, dan lainnya. Pembeli dapat memilihnya sesuai dengan keinginan. Satu porsi terang bulan jadul dibanderol dengan harga Rp6.000.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pasar Sentul Jogja Akan Dibangun Lebih Modern, Sedot Danais Rp25 Miliar

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kencanduan Judi, Ibu Dua Anak Ini Mempertaruhkan Diri Sendiri

Lifestyle
| Jum'at, 09 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement