Advertisement

5 Tips Naik Skuter yang Aman di Tempat Wisata

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 28 Februari 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tips Naik Skuter yang Aman di Tempat Wisata engguna skuter listrik di kawasan Malioboro, Jogja, Minggu (9/1/2022). - Harian Jogja - Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Skuter atau otoped sedang naik daun. Di beberapa kota besar di Indonesia, model alat transportasi yang digerakkan dengan tenaga listrik ini mudah ditemui seperti di Jogja, Jakarta, dan Bandung.

Sayangnya, terkadang penggunaannya tidak dibarengi dengan kesadaran akan pentingnya keamanan berkendara. Seperti yang terjadi di Jalan Malioboro, masih kerap ditemui pengendara skuter listrik yang melawan arah. Selain membahayakan diri, hal tersebut juga membawa dampak buruk bagi citra pariwisata Jogja.

Untuk itu, berikut ini tips naik skuter listrik yang aman di tempat wisata:

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Pakai perlengkapan keamanan

Meski hanya sebagai hiburan di destinasi wisata, skuter juga membutuhkan perlengkapan keamanan yang harus dipakai. Terlebih untuk skuter-skuter yang disewakan di pusat kota seperti Malioboro. Pengendara kuter-skuter ini akan melintasi jalan raya yang notabene ramai pengendara motor roda dua maupun roda empat.

Pengendara harus memakai helm dan body protector dengan benar. Jangan sekadar di tempelkan di kepala, tetapi pastikan talinya sudah terikat dengan benar.

2. Lewat tepi

Sejauh ini belum ada jalur khusus skuter listrik layaknya jalur khusus sepeda ontel. Karena itulah pengendara skuter harus turun ke jalan raya dan berbagi dengan pengendara motor lainnya.

Karena ukuran skuter cenderung lebih kecil daripada sepeda motor maupun mobil, pengendara harus mengambil jalur di tepian aspal untuk meminimalisir senggolan dengan kendaraan lain. Jangan ke tengah karena akan membahayakan pengendara skuter itu sendiri.

3. Ikuti arus

Fenomena pengendara skuter yang melawan arus jalan raya sangat disayangkan karena bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Sebaiknya pengendara tetap patuh dengan mengikuti arah jalan sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku.

4. Pilih lokasi yang aman

Lokasi yang aman untuk menaiki skuter listrik adalah di jalanan yang sepi dan bukan jalan raya. Salah satu tempat yang aman di Jogja seperti di Kaliurang.

Advertisement

Arus lalu lintas di kompleks wisata ini tidaklah ramai. Kendaraan cenderung memacu laju kendaraannya dengan kecepatan sedang, bahkan rendah. Kendati lalulintasnya lebih lengang, pengendara skuter tetap harus berhati-hati akan segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

5. Jangan mengoperasikan handphone

Momen naik skuter listrik di tempat wisata memang sayang jika tidak diabadikan dalam ponsel pribadi. Namun bukan berarti Anda menaiki skuter sambil membawa handphone untuk merekam aktivitas tersebut. Hal itu sangat membahayakan pengendara.

Jika ingin berfoto-foto atau membuat video, Anda bisa turun sebentar dan memilih spot yang menarik dan barulah Anda bisa dengan leluasa foto di situ.

Advertisement

Nah, itulah lima tips mengendarai skuter listrik yang aman di tempat wisata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement