Advertisement

6 Wisata Pinus di Bantul, Tiduran di Hammock Aduhai Asyiknya

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 17 Maret 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Wisata Pinus di Bantul, Tiduran di Hammock Aduhai Asyiknya Panorama dari Puncak Becici, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, DIY. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja memiliki objek wisata hutan pinus yang selalu menyita perhatian wisatawan. Terbanyak, terdapat di daerah Bantul.

Banyaknya pepohonan yang tinggi menjulang membuat kawasan wisata ini rindang. Cocok bagi masyarakat yang ingin melepaskan penat setelah sepekan beraktivitas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Di lokasi wisata ini banyak disewakan hammock sehingga wisatawan bisa tiduran di situ sembari menikmati hawa segar di tengah hutan pinus. 

Berikut ini 5 objek wisata hutan pinus yang ada di Bantul:

1. Pinus Pengger

Pinus Pengger menyajikan keindahan hutan pinus. Pengelola menghadirkan beragam spot selfie yang terbuat dari ranting-ranting pohon. Suasana malam hari semakin seru setelah melihat lampu kota yang gemerlapan dari objek wisata Pinus Pengger ini.

Bagi yang suka foto-foto ala Instagramable, kawasan satu ini wajib dikunjungi. Hutan Pinus Pengger ini termasuk kawasan hutan pinus yang menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk spot foto andalan.

Salah satunya yakni sebuah sarang burung raksasa dengan pemandangan Kota Jogja dari tampak atas. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah saat malam hari, ketika lampu kota saling menyala.

Untuk memasuki kawasan ini cukup siapkan Rp5.000 untuk tiket masuk. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Kawasan ini berlokasi di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Advertisement

2. Pinus Asri Karangasem

Pinus Asri Karangasem berlokasi di Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Spot ini identik dengan sebuah spot foto yang dikelilingi bunga matahari untuk para pengunjung.

Baca juga: Segudang Tempat Wisata di Dekat Bukit Bego Bantul, Piknik Malam Tetap Oke

Harga tiket masuk di tempat ini cukup murah, yakni Rp2.500 per orang, Rp2.000 untuk motor, dan Rp10.000 untuk mobil. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Advertisement

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata pinus selanjutnya adalah Seribu Batu Songgo Langit yang juga terletak di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini menghadirkan wisata alam yang buka dari pagi hingga malam hari. Suasana malam hari tak kalah seru karena menyajikan spot menarik yang bisa menjadi tempat berfoto bersama pasangan.

Spot yang ada adalah jembatan panjang dari kayu yang dililiti lampu sehingga jembatan terkesan melayang di malam hari. Ada juga deretan gubuk rumah kayu, rumah hobbit seperti di negeri dongen serta taman yang indah.

Bagi yang ingin bermalam, pengelola juga menyediakan glamping (glamour camping), sebuah layanan berkemah dengan fasilitas mewah. Ada pula puncak Seribu Batu yang bisa menjadi spot untuk menikmati indahnya malam dari ketinggian.

Bicara soal harga tiket, tempat ini tidak membutuhkan kocek terlalu mahal cukup mengeluarkan uang Rp3.000 saja sudah bisa menikmati sejuknya udara hutan. Untuk jam operasionalnya dari pukul 06:00 hingga 23.00 WIB

Advertisement

4. Hutan Pinus Mangunan

Sesuai namanya, Hutan Pinus Mangunan menghadirkan sensasi berwisata di bawah rindangnya hutan pinus. Ribuan pohon berusia puluhan bahkan ratusan tahun menjadi objek yang ditawarkan di sini. Pengunjung bisa menikmatinya sembari tiduran di hammock yang disewa.

Kawasan yang berlokasi di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, ini dipenuhi pepohonan tinggi dengan tanaman pinus yang tersebar rata. Suasananya yang sejuk nan asri, membuat para wisatawan bisa bersantai lama di tempat ini tanpa rasa bosan. Untuk rute kawasan wisata hutan pinus ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja.

Harga tiket tempat wisata Mangunan ini cukup murah yakni Rp5.000. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Advertisement

5. Puncak Pinus Becici

Siapa yang tak kenal dengan hutan pinus ini? Ya, wahana Puncak Pinus Becici ini pernah dikunjungi mantan presiden AS, yakni Barack Obama.

Tempat wisata yang berlokasi di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikelilingi pepohonan pinus dengan luas mencapai 4,4 hektar.

Bagi yang menyukai keindahan alam berlatarkan kota Yogyakarta, ini menjadi pilihan tepat. Untuk harga tiket masuk tempat ini dibanderol cukup murah, yakni Rp5.000 per orang, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

6. Bukit Lintang Sewu

Tempat satu ini diselimuti pinus dengan berbagai fasilitas unik yang menarik. Berlokasi di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, rute menuju tempat ini agak sulit dengan jalan bebatuan, jadi harus lebih berhati-hati.

Untuk menikmati udara sejuk nan asri di tempat ini, hanya cukup membayar Rp2.000 saja. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement