Advertisement

Desa Tertinggi di Indonesia, Ada Warung Sego Pecel di Dekat Puncak Gunung

Newswire
Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Desa Tertinggi di Indonesia, Ada Warung Sego Pecel di Dekat Puncak Gunung Para pendaki Gunung Lawu. Mendaki gunung butuh tips tertentu agar aman. - Harian Jogja/M136/Daffa Firdaus Najati

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Beberapa wilayah Kabupaten Karanganyar berada di lereng Gunung Lawu. Tak heran jika kabupaten ini kaya akan spot-spot yang menawarkan pemandangan indah pegunungan dengan hawa sejuk.

Wilayah yang paling terkenal dengan keindahan alam dan kesejukannya di Karanganyar adalah Tawangmangu. Belakangan nama Ngargoyoso juga naik daun seiring berkembangnya objek wisata di kecamatan ini.

Advertisement

Selain keindahan alamnya, tahukah Anda hal spesial lain yang dimiliki Karanganyar. Kabupaten dengan slogan Bumi Intanpari ini memiliki desa tertinggi, bukan hanya di Jawa Tengah, tapi juga di Indonesia. Desa tersebut bernama Desa Hargo Dalem.

Memang, desa ini tidak bisa dikatakan berada tepat Karanganyar. Ini karena Desa Hargo Dalem berada di kawasan Gunung Lawu. Lawu sendiri berada di antara tiga kabupaten, yaitu Karanganyar, Ngawi, dan Magetan.

Lokasinya berada di ketinggian lebih dari 3.150 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara ketinggian Gunung Lawu adalah 3.265 mdpl. Itu artinya, Desa Hargo Dalem hanya berjarak selemparan batu dari puncak Lawu, jika ditarik garis vertikal.

Menurut catatan infopendaki.com, terdapat sebuah bangunan besar di desa ini dan hanya ditinggali oleh segelintir penduduk. Mereka sudah tinggal di Desa Hargo Dalem dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

Ada salah satu penduduk yang paling terkenal, terutama di kalangan para pendaki. Dia adalah Wakiyem, atau biasa dipanggil Mbok Yem. Ia memiliki warung yang jadi rujukan para pendaki Gunung Lawu. Warung ini juga menjadi tempat tinggal wanita yang sudah menetap di sana sejak 1980-an. Warung Mbok Yem juga dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia.

Adapun makanan yang dijualnya adalah sego pecel atau nasi pecel dan telur ceplok, serta teh hangat. Beberapa rumah penduduk di Desa Hargo Dalem sering kali jadi selter bagi pendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Cegah Diabetes, Makan Kue Kering Maksimal 4-5 Keping Sehari

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement