Advertisement

15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu Kera di Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Objek wisata di Jogja banyak dan beragam. Mulai dari wisata alam, edukasi, hingga wisata budaya, semuanya ada. 

Jogja bisa dikatakan sebagai kota yang tak pernah sepi. Bagaimana tidak? Kota yang selalu mengangkat budaya Jawa ini senantiasa menghadirkan banyak tempat wisata dengan atraksinya masing-masing sehingga terus mengundang minat wisatawan untuk berkunjung.

Advertisement

Lokasi wisata yang instagramable juga turut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengelola mendekor objek wisatanya dengan kreatif sehingga memunculkan spot-spot asyik untuk berfoto.

Mendekati libur akhir pekan, biasanya orang-orang sudah mulai memilih kemana akan pergi. Nah, berikut ini Harianjogja.com menghadirkan 15 objek wisata Instagramable di Jogja yang bisa Anda kunjungi saat weekend besok:

1. Kaliurang

Objek Wisata Kaliurang masih menjadi wisata populer di Jogja. Destinasi yang berada di Sleman ini menawarkan udara dingin nan sejuk karena poisisnya yang berada di lereng Gunung Merapi. Seperti halnya Puncak Bogor, Kaliurang menjadi sasaran wisatawan yang ingin ngadem.

Dalam satu kompleks wisata, Kaliurang menyajikan beragam destinasi. Mulai dari Telaga Putri, Goa Jepang, Gardu Pandang, Museum Ulen Sentalu, hingga mini zoo Suraloka Zoo yang menjadi destinasi pendatang baru di lantai atasnya Jogja itu. Deretan vila, penginapan, dan bahkan hotel melengkapi keseruan berwisata di Kaliurang. Saat hawa dingin, pengunjung bisa bercengkerama di vila sembari menikmati api unggun atau bebakaran.

2. Nglanggeran

Meski tidak sedingin Kaliurang, kompleks wisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga menawarkan hawa yang sejuk. Pepohonan di sekelilingnya membuat udara di daerah itu segar dan pemandangan terlihat masih asri.

Tak jauh di tempat itu, ada Embung Nglanggeran yang bisa menjadi alternatif wisata terdekat. Objek wisata ini juga menyajikan pemandangan indah dengan hamparan air yang terus memenuhi embung tersebut. Nah, tertarik untuk mengunjungi objek-objek wisata berhawa dingin nan sejuk itu di akhir pekan nanti?

3. Studio Alam Glampong

Napak tilas ke tempo dulu di Hollywood-nya Indonesia memang menjadi hal yang wajib saat berkunjung di Jogja. Sebutan Mini Hollywood layak disandang oleh Studio Alam Gamplong. Pasalnya, tempat ini awalnya ditujukan untuk set film Sultan Agung the Untold Story, besutan sutradara Hanung Bramantyo. Kemudian, disusul film Bumi Manusia yang mengambil latar Indonesia abad 16.

Jika kamu tertarik untuk napak tilas Indonesia di zaman kerajaan, luangkan waktu seharian untuk menjelajah setiap sudutnya. Mata kamu akan disenangkan oleh replika Keraton Mataram, lengkap dengan kampung sekitarnya, juga Benteng Batavia.

4. Glamping Indekos Tour

Bagi kamu yang suka camping wajib berkunjung dan berkemah disini. Umumnya, camping dilakukan di alam terbuka dengan tidur beralaskan matras, bahkan ada yang beralaskan terpal tenda. Jika kamu ingin sensasi yang lebih nyaman, kamu bisa mencoba glamping atau glamour camping agar bisa merasakan berkemah nan mewah.

Meski tidur di tenda, kamu tetap bisa menikmati kasur empuk, pendingin ruangan, juga televisi layar datar. Sensasinya sama sekali tak berkurang, bisa-bisa malah akan menjadi liburan yang paling berkesan.

5. Bukit Panguk Kediwung

Pernahkan kamu merasa ingin menyambut pagi dengan cara yang beda, yang tidak mainstream tetapi tidak tahu harus apa? Kunjungi Bukit Panguk Kediwung untuk mewujudkannya. Niscaya kamu tidak akan kehabisan ide untuk menyongsong fajar.

Silakan mengejar pagi sambil mengendarai pegasus, atau berlayar di perahu kertas dalam lautan awan, atau dari atas gardu pandangnya. Di sini kamu akan mendapatkan suguhan luar biasa, seperti: puncak-puncak bukit dan gumpalan awan yang saling berarak dan aliran sungai yang indah akan turut menemani pagimu di sini.

6. Curug Pulosari

Suka berkunjung di tempat-tempat yang tersembunyi? Datangi tempat satu ini yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk Jogja. Curug Pulosari adalah air terjun tersembunyi yang menawarkan pesona tersendiri. Pasalnya, air terjun ini terletak di dasar tebing, dan perlu melakukan sedikit tracking, yang meliputi hiking melalui hutan dan menyeberangi sungai kecil.

Di Curug Pulosari, kamu akan takjub melihat pemandangan air yang jatuh di lereng bukit, membentuk tirai air alami yang dilengkapi dengan vegetasi hijau subur di sekitarnya.

7. Seribu Batu Songgo Langit

Ingin memasuki negeri dongeng? Tempat ini wajib kamu kunjungi. Seribu Batu Songgo Langit, mimpi ajaibmu akan menjadi kenyataan. Terletak di kawasan hutan pinus Dlingo yang terkenal, Seribu Batu Songgo Langit adalah tujuan wisata ngetren yang penuh akan pesona dan berbeda dibandingkan dengan hutan pinus lainnya di sekitarnya.

Hutan pinus ini memiliki atmosfer negeri dongeng bak film-film Disney. Kamu dapat menemukan banyak spot fotogenik di dalam hutan, aturan tata letak yang diciptakan hanya dari bahan kayu dan sarat kreativitas, seperti rumah hobbit, beruang kayu serta pondok yang sepenuhnya terbuat dari dahan dan ranting pohon.

8. Pantai Watu Lumbung

Ada banyak sekali pantai tersembunyi di sekitar Jogja, dan Watu Lumbung adalah salah satunya. Tak seperti pantai kebanyakan, pantai ini memiliki hamparan tebing dan batu-batu karang dengan formasi yang sangat unik.

Bahkan salah satunya memiliki lubang sehingga tampak seperti pintu gerbang yang siap menyambut kedatanganmu. Tak hanya batu-batu karang, di pantai ini juga

9. The Lost World Castle

Bagi kamu yang dari kecil mendambakan berkunjung ke kastil, tempat satu ini bisa jadi tempat mewujudkannya. Begitu memasuki The Lost World Castle kamu akan dibuat terpesona oleh sederetan atraksi yang memukau, mulai dari kastil bertema Eropa yang megah (lengkap dengan hiasan bernuansa Abad Pertengahan), pohon sakura, tenda Indian, dan patung Dinosaurus di sungai yang kering.

Bagi kamu yang suka memotret untuk diunggah dan terlihat keren di Instagram, maka tempat ini menjadi pilihan yang pas. Kamu bisa mencoba duduk di singgasana Iron Throne dan bertransformasi menjadi Queen Cersei atau Daenerys. Masih belum cukup unik? Menjelajahi rumah Hobbit, Paradise Gate (gerbang nirwana) dan galeri 3D. Dijamin, Anda tidak akan kehabisan pilihan.

10. History of Java Museum

Bagi kamu yang suka tentang sejarah wajib berkunjung di History of Java Museum. Museum yang berjarak sekitar 30 menitan dari Pantai Parangtritis ini hadir dengan teknologi tercanggih. Jika biasanya museum punya stigma membosankan, tidak demikian di sini. Museum ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality pada board informasi juga video mapping-nya. Teknologi ini akan membuat objek terlihat hidup di depan mata.

Kamu cukup mengunduh aplikasi museum berkunjung. Aplikasi ini akan membuat gambar diam, menjadi bergerak dan bersuara. Agar belajar makin seru, museum ini juga mengajak pengunjung terbang ke masa lalu melalui mini teater yang menceritakan sejarah Jawa, beragam kerajaan, hingga persebaran agamanya.

11. Pantai Ngrawe

Daerah Gunung Kidul adalah surganya pantai indah di Jogja. Ngrawe merupakan pantai baru yang memiliki pesona tersendiri yang mampu menarik wisatawan untuk datang.

Uniknya, pantai ini dilengkapi bangku putih serta dihiasi dengan pohon palem yang berjajar rapi. Persis seperti di luar negeri. Tak hanya itu, pantai ini juga berpasir putih sehingga dapat dipastikan kamu betah bermain air lama-lama.

12. Taman Tempuran Cikal

Taman Tempuran Cikal dijuluki sebagai Amazon-nya Jogja. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai sambil bermain kano atau speedboat. Taman Tempuran Cikal merupakan harapan dari warga desa yang menyulap DAS (Daerah Aliran Sungai) menjadi tempat wisata indah. Warga Dusun Cikal bekerja sama untuk menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari warung, hingga wahana outbound, seperti mini trail.

Suasananya yang masih sangat asri dengan dikelilingi hutan bambu, juga hiasan-hiasan karya keterampilan seniman lokal membuat nuansa sejuk semakin terasa. Selain itu, semua tiket masuk wahana dibanderol murah meriah sehingga pas untuk liburan keluarga. Aksesnya juga mudah, bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat.

13. Selopamioro Adventure Park

Susur sungai dengan panorama alami juga bisa kamu rasakan di Selopamioro Adventure Park. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama SPark ini tergolong baru, namun sudah banjir peminat karena harganya ramah di kantong. Wisata Jogja yang berlokasi di Sungai Oya ini menawarkan pengunjung mencicipi berbagai wahana, dari outbound, rafting, hingga susur sungai dengan kano dan dipayungi oleh rindangnya pepohonan Jati.

Ada pula spot tradisional, namun tak pernah berkurang serunya, seperti: balap bakiak, estafet air, tarik tambang lumpur, balap egrang, juga sepeda air. Pecinta foto-foto juga disediakan spot-spot instagenik di tepi sungai, seperti miniatur Tugu Jogja.

14. Kalinampu Pundong

Siapa yang menyangka bahwa hama tanaman seperti eceng gondok bisa tampil sangat indah sebagai latar belakang foto? Bunga-bunganya yang bermekaran ternyata bisa membuat para pengunjungnya serasa sedang berada di Jepang.

Spot wisata baru di Sungai Opak, Yogyakarta ini dipercantik dengan adanya gerbang ala Jepang yang dikenal dengan sebutan Torii. Plus, pengelola dan warga sekitar menyediakan persewaan kimono, payung, juga kipas ala Jepang.

15. Air Terjun Kedung Pedut

Kalau kamu dan pasangan sama-sama punya hobi berpetualang, maka singgahlah di air terjun yang satu ini. Lokasi air terjun ini cukup terpencil, adanya di dasar lembah Perbukitan Menoreh. Namun keindahan dan keunikannya tak dapat disangkal lagi.

Uniknya, air terjun ini memiliki dua warna alami yang berbeda, yaitu putih jernih dan hijau toska. Selain dua warna tersebut, yang membuat air terjun ini lebih unik lagu adalah adanya ‘kedung’ atau kolam alami dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement