Advertisement

Tak Sulit Mencari Soto Ayam di Jogja, Berikut Beberapa Referensinya

Arief Junianto
Sabtu, 02 April 2022 - 05:27 WIB
Arief Junianto
Tak Sulit Mencari Soto Ayam di Jogja, Berikut Beberapa Referensinya Soto Ayam Pak Eko Blangkon. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebelum memulai aktivitas yang padat, sebaiknya Anda perlu menyiapkan sumber energi dengan sarapan pagi. Di Jogja, berbagai pilihan kuliner sarapan tersedia, salah satunya adalah soto ayam.

Makanan berkuah ini memiliki dua jenis kuah, yaitu ada yang bening dan ada yang kental. Selain itu, keragamannya bisa dilihat dari isiannya.

Advertisement

Meski Jogja tak punya racikan khusus untuk membuat soto yang khas dari kota ini, tetapi masakan ini cukup populer di Jogja. Ketika melintasi setiap jalanan Jogja, pasti akan menemui warung soto yang ramai pengunjung.

BACA JUGA : Istimewa, Kuda Penarik Andong Malioboro Mandi Air Hangat Campur Garam & Serai

Dilansir dari sejumlah sumber, berikut ini sejumlah warung soto ayam yang wajib dikunjungi di Jogja karena terkenal kenikmatannya:

Soto Ayam Pak Slamet

Soto Ayam Pak Slamet

Bagi pencinta soto kuah bening, wajib mengunjungi warung Soto Ayam Pak Slamet. Warung soto ini berlokasi di pinggir rel kereta api, tepatnya di Jalan Bibis, Mejing Kidul, Ambarketawang, Gamping, Sleman.

Meski lokasinya di pinggiran kota, tetapi warung soto ini selalu ramai pengunjung. Setiap pagi, deretan mobil pecinta Soto Ayam Pak Slamet memadati area parkirnya. Warung soto ini sudah buka sejak pukul 07.00 WIB.

Kenikmatan soto di sini berkat kaldu ayam yang diracik dengan bumbu rempah hasil resep turun-temurun. Kabarnya, warung soto ini sudah berdiri sejak 1982. Menikmati semangkuk Soto Ayam Pak Slamet bisa disandingkan dengan berbagai lauk baceman sebagai pelengkap. Satu mangkuknya dijual seharga Rp12.000.

BACA JUGA : Halo Wisatawan, Ini 4 Kata yang Wajib Kamu Hafalkan saat ke Jogja

 Soto Ayam Pak Dalbe

Soto Ayam Pak Dalbe

Bagi mahasiswa di Jogja, sarapan dengan menu Soto Ayam Pak Dalbe mungkin sudah menjadi hal biasa. Sebab, warung soto ini memiliki cabang di sejumlah titik di sekitar kampus.

Warung pertamanya ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja. Selain itu, warung ini juga memiliki cabang di Jalan Magelang, bekas Terminal Terban, serta di Jalan Babarsari, Depok, Sleman. Soto Ayam Pak Dalbe buka sejak pukul 06.00 WIB. 

Citarasa soto ini didominasi rasa manis dari gula jawa yang bercampur dengan racikan rempah. Suwiran ayam kampungnya yang royal berpadu dengan mi soun dan kecambah. Menurut penjual, kenikmatan ayam kampung ini lantaran dibacem semalaman, lalu digoreng keesokan harinya.


Soto Pak Eko Blangkon

Warung soto yang terletak di sekitar Stadion Maguwoharjo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman ini sudah berdiri sejak 2012. Meski terbilang baru, namun citarasanya boleh diadu.

Seperti namanya, pegawai di Warung Soto Pak Eko Blangkon ini menggunakan atribut blangkon. Warung soto ini sudah buka sejak pukul 05.30 WIB.

Menu spesialnya yaitu soto ayam dan sate kerang. Keduanya menggunakan resep khas Semarang. Kuah sotonya bening dan manis. Sementara daging kerangnya yang kenyal memberikan kenikmatan tersendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement