Advertisement

Buka Puasa dengan Makanan Pedas, Siapa Takut, Ini Dia Rekomendasi Warungnya

Lajeng Padmaratri
Selasa, 05 April 2022 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Buka Puasa dengan Makanan Pedas, Siapa Takut, Ini Dia Rekomendasi Warungnya Sate Petir Pak Nano. - Instagram @jajanyogya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Setelah berpuasa seharian, berbuka dengan sajian kuliner yang pedas bisa menggugah selera. Sensasi panas dari rasa pedas membuat nafsu makan meningkat.

Di Jogja, ada sejumlah penjaja sajian kuliner yang terbukti menyuguhkan rasa pedas yang nikmat. Tak heran jika kuliner berikut kondang di kalangan pencinta pedas.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Piknik di Jogja, Dijamin Tidak Bikin Puasa Batal

Sop Merah Bu Asih

Jika biasanya sop disajikan dengan kuah bening yang gurih, lain halnya dengan sop racikan Bu Asih. Di warungnya yang terletak di Pertigaan Lampu Merah Tungkak, Jalan Kolonel Sugiyono No 74, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja, sop ini disajikan dengan kuah pedas hasil campuran dengan pasta cabai.

Sop merah favorit orang Jogja ini memiliki paduan rasa gurih dan pedas. Isiannya adalah suwiran daging ayam. Selain itu, pelanggan bisa memilih isiannya dengan bagian ayam yang lain, seperti kepala, ceker, ataupun sayap.

Bagi umat Islam yang ingin berbuka puasa, sop merah ini bisa menjadi pilihan. Warung ini sudah buka sejak pukul 10.00 - 22.00 WIB. Harganya pun murah-meriah mulai belasan ribu rupiah, tergantung pada isian yang dipesan.

Rica-Rica Menthok Pak Gun

Bagi pencinta pedas, wajib menjajal Rica-Rica Menthok Pak Gun untuk buka puasa. Warung yang terletak di sebelah utara Perempatan Jokteng Kulon, tepatnya di Jalan Suryowijayan No. 85, Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Jogja ini sudah buka sejak pukul 16.00 WIB hingga malam hari.

Advertisement

Menu rica-rica menthok dan kerang adalah yang unggulan di sana. Namun, selain itu pelanggan juga bisa memilih isian protein yang lain seperti ayam kampung, kepala kambing, bebek, hingga tempe. Level pedasnya pun bisa disesuaikan dengan selera.

Warung ini dulu dikenal sebagai Rica-Rica Fadhil Wirobrajan lantaran berlokasi di Wirobrajan. Setelah pindah ke Jokteng, namanya berganti menjadi Rica-Rica Menthok Pak Gun.

BACA JUGA: Tak Sulit Mencari Soto Ayam di Jogja, Berikut Beberapa Referensinya

Advertisement

Sate Petir Pak Nano

Warung sate yang terletak di Jalan Ring Road Selatan, Kasihan, Bantul ini dijuluki "petir" lantaran rasa pedasnya yang menggelegar dalam setiap gigitan sate kambingnya. Selain sate, warung ini juga menyajikan menu tongseng kambing.

Dalam sepiring sate dan tongseng kambing yang disajikan, bertabur irisan cabai rawit merah yang membuat pelanggan berdebar. Namun, jangan khawatir lantaran pembeli pun bisa memilih level pedas yang diinginkan. Uniknya, jenjang pendidikan seperti TK hingga profesor digunakan untuk membedakan seberapa pedas sajian sate yang bisa dipesan di warung ini.

Pak Nano membuka warung satenya sejak siang hingga malam hari. Namun, pelanggan harus cepat-cepat datang jika ingin menjajalnya. Sebab, warung ini akan tutup lebih awal jika dagangan sudah habis.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HANI, Pemuda Maguwoharjo Bagi Stiker Bahaya Narkoba

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement