Advertisement

5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Ada Soto hingga Gudeg

Daffa Firdaus Najati/ST20
Jum'at, 22 April 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
5 Tempat Sarapan Enak di Jogja, Ada Soto hingga Gudeg Soto Bathok - JIBI/starjogja.com/Boby Visca

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada banyak tempat sarapan enak di Jogja, kota yang terkenal dengan beragam kuliner tiada habisnya dari pagi hingga malam.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Tempat Makan Mi Ayam Enak di Jogja, Layak Dicoba

Advertisement

Bagi para wisatawan, tak lengkap jika berkunjung ke Jogja tanpa mencoba menu sarapan khas daerah ini. Berikut lima rekomendasi tempat sarapan enak di Jogja:

Soto Bathok Mbah Karto

Soto Bathok Mbah Karto berbeda dengan soto pada umumnya. Di sini hidangan soto daging sapi disajikan menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Sembari makan, kamu pun dapat menikmati pemandangan sawah yang menenangkan.

Selain soto, terdapat menu pelengkap lain seperti sate usus, sate telur puyuh, tempe goreng, dan kerupuk. Harga soto bathok dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, hanya dengan Rp6.000 kamu sudah bisa menikmati satu porsi soto campur dan Rp 8.000 untuk soto pisah.

Lokasi Soto Bathok Mbah Karto berada di utara Candi Sambisari, tepatnya di Dusun Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, dan buka pukul 06.00-16.00 WIB.

Nasi Brongkos Handayani

Warung nasi Brongkos Handayani sudah dibuka sejak tahun 1975. Warung nasi legendaris ini khas dengan rasa gurihnya karena diberi tambahan santan. Nasi Brongkos semakin lezat jika ditambah dengan tetelan sapi, tempe bacem, dan telur asin. Dengan uang Rp7.500, kamu sudah bisa menikmati satu porsi nasi brongkos sembari menikmati pemandangan sekeliling.

Lokasi Nasi Brongkos Handayani berada di Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Jogja, dan buka mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

Warung Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok menyediakan menu sarapan tradisional khas rumahan, seperti nasi, sego megono, aneka lodeh, sayur asem, sambel dadak, dan aneka lauk. Jika tidak ingin sarapan makanan berat, kamu bisa memesan menu andalan warung ini, yaitu pisang goreng dan secangkir kopi klotok.

Dengan mengeluarkan Rp11.500, kamu sudah bisa menikmati hidangan nasi dan sayur sepuasnya disini sembari melihat pemandangan sawah yang menyejukkan.

Warung Kopi Klotok terletak di Jl. Kaliurang KM 16, Pakem, Sleman, dan buka mulai pukul 07.00-21.30 WIB.

Tahu Gimbal Pak Yono

Meski berasal dari Semarang, tahu gimbal juga menjadi kuliner favorit di Jogja. Tahu Gimbal Pak Yono dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Cukup dengan Rp8.000, kamu sudah bisa menikmati tahu gimbal ini dengan porsi yang banyak.

Tempat ini bisa menjadi pilihan kamu jika bangun kesiangan, karena tempat ini baru buka pukul 08.00-16.00 WIB, namun tutup pada Senin.

Lokasinya berada di Jl. Tentara Pelajar No.17, Bumijo, Jogja.

BACA JUGA: 4 Tempat Ngopi di Sleman dengan Nuansa Alam yang Menyejukkan

Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu memiliki resep yang melegenda selama 74 tahun, selain itu gudeg yang berada di kampung Sosrowijayan ini memiliki pilihan nasi dan bubur. Konon, gudeg di tempat ini terkenal karena masih dimasak dengan cara tradisional, sehingga rasanya semakin lezat dan otentik.

Mulai dengan Rp 15.000-Rp 30.000 kamu sudah bisa menikmati gudeg lezat ini dengan berbagai lauk yang tersedia, seperti tahu, tempe, telur, dan ayam.

Lokasi Gudeg Mbah Lindu berada di Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Jogja, dan buka mulai 05.30-11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement