Advertisement

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan di Prambanan & Borobudur Diprediksi Meningkat

Abdul Hamied Razak
Selasa, 26 April 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan di Prambanan & Borobudur Diprediksi Meningkat Wisatawan di Candi Prambanan. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Tingkat kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko diprediksi meningkat tajam pada libur Lebaran tahun ini. Hal itu terjadi karena momentum libur Idulfitri tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) Edy Setijono mengatakan kunjungan wisatawan diprediksi mengalami peningkatan selama libur lebaran dibandingkan rata-rata kunjungan selama pandemi Covid-19. Jika saat ini rata-rata kunjungan 3.000 per hari, maka diprediksi selama libur lebaran jumlah kunjungan meningkat antara 10.000-15.000 per hari.

Advertisement

"Kami masih sulit memprediksi angka kunjungan pada libur lebaran nanti. Di satu sisi saat ini kunjungan 3.000 per hari di sisi lain ini liburan pertama yang diprediksi akan terjadi lonjakan orang melakukan perjalanan," katanya, Selasa (26/4/2022)

Angka tersebut, katanya, memang masih jauh dibandingkan rata-rata kunjungan di libur lebaran di hari normal. Di mana saat itu dalam sehari dikunjungi 50.000 wisatawan di Borobudur dan 26.000 wisatawan di Prambanan. "Namun untuk libur lebaran nanti dapat 15.000 orang per hari itu sudah bagus dalam kondisi pandemi saat ini," katanya

Baca juga: Data Kunjungan Wisatawan di Jogja Bikin Kaget, Ini Sebabnya

Terlepas dari itu, TWC tetap akan melakukan berbagai persiapan dengan matang dan bersinergi dengan berbagai stakeholder terkait. Dia memastikan kesiapan layanan prima di Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko berbasis keselamatan. "Pelayanan yang kami siapkan tidak mengurangi kenyamanan wisatawan, baik berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan, termasuk kelancaran penggunaan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Destinasi TWC Borobudur dan Prambanan, lanjutnya memperpanjang jam operasional pelayanan wisatawan selama masa Lebaran 2022, mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Sedangkan untuk TWC Ratu Boko, jam operasional pelayanan wisatawan ditetapkan pukul 08.00 - 18.00. "Peningkatan jumlah wisatawan akan mulai terjadi pada 27 April 2022 [H-4] sampai 10 Mei 2022 [H+8 lebaran]," katanya.

Kampanye

Direktur Pemasaran & Pelayanan PT TWC Hetty Herawati mengatakan untuk menambah pengalaman wisatawan dalam kunjungan di destinasi, PT TWC menyiapkan strategi khusus bagi wisatawan yakni kampanye Sustainable Tourism.

Kampanye tersebut diturunkan menjadi Green Tourism yang di dalamnya terdapat beberapa program. Green tourism ini ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat pentingnya menjaga harmonisasi kelestarian cagar budaya dan alam, saat berkunjung ke destinasi Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko.

“Kampanye Sustainable Tourism yang diturunkan ke dalam Green Tourism merupakan aksi nyata TWC untuk turut kontribusi dalam pelestarian cagar budaya dan alam, serta mengajak wisatawan untuk berperan pula dalam kampanye tersebut,'' ujar Hetty Herawati.

Wisatawan dapat menikmati kawasan Taman Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan berkeliling menaiki electrical vehicle serta menikmati experience Paket EduKriya Go Green di Taman Wisata Candi Borobudur. Pengunjung juga bisa menikmati fasilitas drinking fountain di beberapa titik di Taman Wisata Candi Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement