Advertisement

Ini Deretan Kota di Indonesia yang Jadi Favorit Turis Mancanegara, DIY Salah Satunya

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 25 Juli 2022 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Ini Deretan Kota di Indonesia yang Jadi Favorit Turis Mancanegara, DIY Salah Satunya Ilustrasi turis asing. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –Tak cuma Bali, beberapa wilayah menjadi tujuan kunjungan baik untuk wisata maupun nonwisata, seperti Medan, Surabaya, DIY, hingga Makassar.  

Sekretaris Perusahaan PT Panorama Sentrawisata Tbk. AB Sadewa mengatakan sepanjang semester I/2022, kunjungan dalam negeri meningkat secara merata hampir di seluruh pulau di Indonesia. 

“Selain Bali itu banyak rute yang sebetulnya nonleisure, mereka mengunjungi keluarga, seperti Medan, Palembang, Surabaya, dan Makassar itu tinggi, jadi relatif agak rata,” ujarnya, Senin (25/7/2022). 

Meski demikian, Bali masih menjadi destinasi nomor satu baik untuk wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). 

BACA JUGA: Mau Liburan ke Semarang? Jangan Lewatkan 8 Kuliner Khas Ini

Dia mengungkapkan bahwa terbukti dari momen libur sekolah semester genap lalu pada Juni hingga Juli, penjualan tiket pesawat menuju Bali full booked atau penuh.   

“Kalau Bali konteksnya buat liburan, liburan sekolah yang lalu itu bagus penjualan, full booked airline,” lanjutnya.   

Selain Bali, menurut Ketua DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, destinasi DIY, Labuan Bajo, dan Bangka Belitung menjadi alternatif kunjungan dan didominasi oleh wisnus. Wilayah seperti DIY dan Labuan Bajo diketahui menjadi tempat kegiatan pemerintah seperti pelaksanaan acara pendukung dari G20.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Mei 2022, tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di DIY bahkan menjadi yang tertinggi, yakni hampir 98%. “Wisnus masih lebih banyak, terlebih karena liburan sekolah dan juga korporasi sudah banyak yang mengadakan kegiatan,” ujarnya.

Pengamat pariwisata Chusmeru melihat Bali masih menjadi andalan bagi wisman. Tetapi bagi wisnus, hampir semua destinasi di Indonesia ramai dikunjungi. Bahkan berdasarkan pantauannya, biro perjalanan di sekitar Bali sudah tampak sumringah sejak momen lebaran Idulfitri hingga sekarang terutama menyambut wisman yang berlibur musim panas.

Advertisement

“Memang ada beberapa daerah seperti Lombok dan Labuan Bajo, tetapi kalau dibandingkan persentasenya dengan Bali masih kalah jauh,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Ratusan Honorer di Gunungkidul akan Diangkat Menjadi P3K

Gunungkidul
| Senin, 08 Agustus 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

8 Hal yang dapat Diwariskan Ayah pada Anaknya, Tinggi Badan Salah Satunya

Lifestyle
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement