Advertisement

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Jumali
Jum'at, 12 Agustus 2022 - 12:27 WIB
Jumali
Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona Curug Silawe - Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANGKabupaten Magelang, Jawa Tengah,  terkenal akan keindahan destinasi wisata yang selalu menarik perhatian, salah satunya Candi Borobudur. Candi Borobudur kini menjadi salah satu lima destinasi prioritas di Indonesia.

Namun selain keindahan candi-candi yang ada di Magelang, keindahan alam bumi Magelang pun tak kalah menganggumkan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Di kaki gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, terdapat air terjun tersembunyi yang sangat indah. Yupss namanya yaitu Curug Silawe.

Curug Silawe merupakan sebuah destinasi wisata berbasis alam dengan panorama air terjun dan pemandangan sekitar yang mempesona. Nama Silawe sendiri dulunya berasal dari sebutan binatang loh. Binatang laba-laba, begitu sebutan masyarakat. Sebelum terkenal dulu air terjun Curug Silawe dipenuhi dengan ratusan sarang laba-laba.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini menjadi hidangan utama bagi siapapun yang berkunjung ke Curug Silawe Magelang, salah satunya Laily pengunjung asal Klaten, Jawa Tengah.

"Ya meskipun perjalanannya melelahkan, tapi pas udah sampai sini terbayarkan semuanya. Asri banget disini, sejuk, rekomended banget pokoknya dan bikin seger mata dan hati juga," ujar Laily, dikutip dari laman Pemkab Magelang, Jumat (12/8/2022).

Pengunjung yang akan memasuki Curug Silawe akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung dapat menikmati pesona air terjun yang masih terjaga keasrianya mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Wisata Curug Silawe ini telah di dukung dengan berbagai sarana prasarana memadai sebagai penunjang aktivitas wisatawan. Meski tidak lengkap, namun seperti fasilitas dari Curug Silawe pun dapat anda jumpai di dalamnya yang seperti :

Advertisement

Area parkir kendaraan

Pusat informasi wisata

Kamar mandi

Advertisement

Fasilitas air bersih

Warung wisata

Spot foto menarik

Namun ada baiknya bagi Anda yang hendak singgah berwisata di Curug Silawe untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Seperti halnya bekal, yang perlu anda bawa sendiri untuk kebutuhan selama jalan-jalan dan liburan.

Advertisement

Ketinggian jatuhan air Curug Silawe yang cukup deras menghadirkan sensasi tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Airnya memang terasa begitu sejuk dan dingin di badan karena bersumber langsung dari Gunung Sumbing. Apalagi ketika sinar matahari membentuk bias pantulan sinarnya ke air terjun yang menghadirkan warna-warni pelangi cantik.

Meski aliran air terjun terlihat deras, namun arus sungai di bawahnya masih cukup bersahabat. Pengunjung bisa menikmati gagahnya air terjun ini sambil bermain air di kolam bawahnya dengan aman.

Areanya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat wisata air terjun Magelang satu ini sangat rekomended untuk anda jelajahi. Apalagi bagi Anda yang sedang stres dan ingin berkunjung ke tempat yang tenang dan asri.

Advertisement

Untuk menuju Curug Silawe Kajoran Magelang, Anda cukup melewati jalur alternatif. Tapi jika Anda datang dari arah Borobudur atau Purworejo, bisa melewati Salaman dan melintasi Kecamatan Kajoran.

Jika Anda datang dari arah Kota Magelang, aksesnya bisa melalui jalur Bandongan-Kaliangkrik. Nah sementara datang dari Semarang, sebelum memasuki Kota Magelang, aksesnya dapat belok kanan di pertigaan Payaman lalu melintasi Windusari Bandongan dan Kaliangkrik.

Meskipun jalur menuju Curug Silawe merupakan jalanan yang bekelok serta naik-turun mengikuti lereng Sumbing, kondisi jalanan aspalnya masih terbilang cukup mulus kok.

Kondisi infrastruktur menuju lokasi Curug Silawe yang terkesan belum memadai, tidak serta merta membuat pengunjung sedikit datang, justru malah membludak saking kawasan ini bernuansa perdesaan serta sisi kanan-kiri jalanan yang terbilang masih asri.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement