Advertisement

Tinjau Persiapan ATF 2023 di Jogja, Ini yang Ditemukan Menparekraf Sandiaga

Abdul Hamied Razak
Senin, 09 Januari 2023 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Tinjau Persiapan ATF 2023 di Jogja, Ini yang Ditemukan Menparekraf Sandiaga Sandiaga Uno (kanan) - Ist/dok Biro Pers Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau kesiapan penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023. Forum ini akan dilaksanakan di Jogja  pada 2-5 Februari 2023. 

Sandiaga meninjau langsung kesiapan dan infrastruktur Jogja Expo Centre sebagai lokasi penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange) ATF dan Candi Prambanan sebagai lokasi Opening Ceremony of ASEAN Tourism Forum 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Kami sudah lihat infrastruktur Jogja Expo Centre yang sedang direnovasi. Toiletnya sudah bagus, dan semoga untuk keseluruhan bisa selesai sebagaimana yang telah dijadwalkan,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin (9/1/2023).

Indonesia saat ini menjadi Ketua Forum Pariwisata ASEAN. Sesuai tradisi ASEAN, keketuaan Indonesia di forum pariwisata ASEAN akan diakhiri dengan menjadi tuan rumah penyelenggara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang bertemakan ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations

BACA JUGA: Taman Budaya Bantul Dibangun di Kamijoro Tahun Ini, Pemkab: Dokumen Amdal Segera Diuji

Sandiaga mengatakan Jogja memiliki Bandara Yogyakarta International Airport, ketersediaan hotel yang beragam, dan memiliki destinasi unggulan, dan destinasi super prioritas Borobudur. Dia berharap target jumlah wisatawan mancanegara atau wisman yang mencapai 7,4 juta pada tahun 2023 bisa ditopang dengan kesuksesan penyelenggaraan ATF 2023.

“Tentunya wisatawan mancanegara dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif Indonesia,” katanya. 

Sekretaris Kemenparekraf yang juga Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan ATF 2023 akan diisi dengan beberapa program pendukung seperti opening ceremony di area Open Theater Candi Prambanan dan Royal Dinner di Kraton Jogja. Selain itu, ada post tour bagi delegasi dengan konsep Trail of Civilization dan tema Wellness Tourism.

Kegiatan ATF juga diisi dengan ASEAN Awarding Ceremony, ASEAN Tourism Ministers Press Conference, serta Handover Ceremony dari Indonesia kepada Laos.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan Pemda DIY menawarkan paket wisata dan menyediakan free ongkir untuk pembelian produk ekonomi kreatif yang dipamerkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com, Selasa 6 Februari 2023

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement