Advertisement

Jajal Sensasi Petik Buah Sendiri di 4 Destinasi Jogja Ini, Puas Lur!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Februari 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jajal Sensasi Petik Buah Sendiri di 4 Destinasi Jogja Ini, Puas Lur! Ilustrasi berwisata di kebun anggur. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memang beda rasanya membeli buah di pedangan dengan memetik sendiri di kebunnya. Ada kepuasan tersendiri saat bisa memanen sendiri dan memetik dengan tangan kita. 

Pengalaman seru itulah yang ingin dihadirkan oleh empat destinasi petik buah sendiri di Jogja ini. Kita tidak perlu jauh-jauh ke Malang, tetapi bisa merasakannya di kota sendiri. 

Advertisement

Banyak tempat di Jogja yang mulai menawarkan wisata petik buah langsung. Hal ini akan mendatangkan kepuasan tersendiri bagi wisatawan karena bisa memetik buah langsung dari pohonnnya di tengah perkebunan

Baca juga: Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Berikut ini spot wisata buah petik sendiri yang ada di Jogja:

1. Anggur Bantul

Di seputaran Jalan Bakulan Imogiri atau sekitar enam kilometer dari kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, ada wisata kebun anggur bernama Jogja Anggur.

Untuk memasuki kebun wisata anggur ini, pengunjung dewasa membayar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp10.000 untuk anak-anak, sementara pada akhir pekan atau hari libur, masing-masing Rp20.000 dan Rp15.000.

Pengunjung bisa memetik sendiri buah anggur masak yang diinginkan. Selain menyediakan buah anggur segar untuk dipetik langsung para pengunjung, pengelola juga menyediakan puluhan bibit varietas impor dengan harga mulai Rp150.000. Bahkan untuk bibit di dalam planterbag kapasitas 75 liter yang sudah berbuah, harga yang dipatok adalah Rp3,5 juta.

2. Kampung Stroberi Klangon

Seperti halnya di daerah Kopeng, Magelang, Jawa Tengah, wisata kebun stroberi juga hadir di Klangon, Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Di tempat yang hanya berjarak sekitar empat kilometer dari puncak Gunung Merapi ini, tanaman stroberi tumbuh subur. Tak ayal jika buahnya bagus, merah merona, dan penampilannya tak kalah dengan stroberi supermarket.

Lokasinya tidak jauh dari wisata Bukit Klangon. Pengunjung bisa memetik sendiri buah stroberi yang sudah masak dan menikmatinya di tempat.

Baca juga: Menikmati Wisata Perkebunan Anggur di Jogja

Adanya perkebunan stroberi ini untuk mendukung agrowisata Bukit Klangon. Sebanyak 40.000 tanaman stroberi telah ditanam. Kampung Stroberi ini juga sudah dikunjungi beberapa tokoh salah satunya GKR Mangkubumi pada awal Oktober tahun lalu.

3. Salak Turi

Kecamatan Turi menjadi sentra perkebunan salak di Jogja. Salah satu perkebunan yang banyak memproduksi salak organik adalah di Dusun Sukorejo, Girikerto, Turi, Sleman yang dikelola oleh Kelompok Tani Kusuma Mulya Sukorejo.

Pengunjung yang ingin menikmati buah salak di tempat bisa membayar Rp20.000/orang. Dengan biaya sebesar itu, mereka bisa memetik dan memakan buah salak sepuasnya selama dua jam. “Kalau mau bawa pulang, hitungannya beli kiloan,” kata Endang Setyomurni selaku Wakil Kelompok Tani.

Pengunjung bisa memilih sendiri ingin memetik salak jenis pondoh, madu, atau gading. Semuanya adalah salak organik sehingga bebas dari unsur kimia.

4. Jeruk Keprok Pesisir Sanden

Perkebunan jeruk keprok berada di lahan pasir pesisir Sanden, Bantul. Salah satu destinasi alternatif ini terbilang baru karena tanamannya baru berumur tiga bulan dan akan panen dua bulan lagi.

Pengelola memerkirakan saat panen nanti adalah saat masa libur Lebaran sehingga pengelola akan membuka perkebunan ini sebagai jujugan wisata agro pesisir Sanden.

Tidak hanya menawarkan sensasi memetik jeruk dari pohonnya, hamparan kebun jeruk dinilai apik dijadikan latar untuk swafoto atau selfie. Wisatawan nantinya bisa memilih dan memetik buah jeruk yang telah matang. Kemudian ditimbang dan dibayar kepada pengelola. Dipastikan harganya lebih murah ketimbang harga di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement