Advertisement

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Abdul Hamied Razak
Rabu, 01 Februari 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023 Salah satu sudut pengembangan kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tak cuma siap menggelar perhelatan akbar tahunan dunia pariwisata, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, DIY juga bersiap menyambut kehadiran lebih dari 1.000 delegasi dari 29 negara selama ajang tersebut. 

Ajang ATF dan TRAVEX yang akan digelar di Hotel Marriott Yogyakarta dan Jogja Expo Center pada 2-5 Februari 2023 ini menyediakan platform untuk kolaborasi antara negara-negara anggota ASEAN dan untuk secara holistik mempromosikan kawasan ini.

Advertisement

DIY memiliki berbagai destinasi yang menawan dan mengagumkan, dengan kekayaan ragam panorama alam, budaya, masakan, dan komunitas.

Salah satu agenda istimewa dalam ATF 2023 adalah paket perjalanan praacara dan pascaacara (Pre-tour & Post-tour) seru dan memesona yang khusus dihadirkan untuk seluruh peserta dan delegasi pertemuan. 

Pre-tour digelar pada 2 Februari 2023 dengan menampilkan tiga paket yang masing-masing bertajuk Heritage Tour of Yogyakarta, Discovering The Theme of Yogyakarta, dan Explore Nature of Yogyakarta

BACA JUGA: Tambah Daya Listrik, JEC Siap Digunakan untuk Kegiatan Travex ATF 2023

Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardianto menyampaikan paket Pre-tour dan Post-tour untuk delegasi ATF 2023 menjadi peluang emas bagi para pengelola destinasi wisata di seluruh kabupaten/kota Jogja untuk memperkenalkan dan mempromosikan daya tarik mereka masing-masing kepada dunia internasional.

Dengan begitu diharapkan bisa mendorong lebih jauh lagi jumlah kunjungan ke destinasi-destinasi baru tersebut. "Momen ini juga perlu dimanfaatkan pelaku industri untuk mempersembahkan produk dan layanan destinasi yang mampu tampil dengan standar internasional serta mampu bersaing dengan destinasi-destinasi wisata mancanegara," ujar Bobby yang juga Sekretaris Panitia AFT 2023, Rabu (1/2/2023).

Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan dukungan terbaik dari industri pariwisata DIY diberikan untuk mensukseskan penyelenggaraan ATF 2023.

Mereka menghadirkan beragam paket perjalanan pra-acara dan pasca-acara untuk delegasi sekaligus menampilkan produk-produk terbaik mereka agar masyarakat mancanegara dapat mengenal dan lebih jauh mencintai keindahan alam dan kekayaan budaya Jogja dan Indonesia.

Lalu, sebenarnya di mana para peserta akan dibawa mengunjungi berbagai tujuan wisata seputar Kota Jogja?

Paket Heritage Tour of Yogyakarta

Paket ini menawarkan para pesertanya untuk menikmati makan siang di Sekar Kedhaton Restaurant di Kota Gede yang sarat nuansa budaya Jawa sebelum mengajak para peserta menelusuri beberapa titik wisata sekitar kota tertua di DIY peninggalan dari Kerajaan Mataram tersebut. Paket perjalanan ini diakhiri dengan makan malam di HeHa Sky View, Gunung Kidul.

Paket Discovering the Heart of Yogyakarta

Paket ini diawali dengan kesempatan makan siang di sebuah restoran modern dengan sentuhan tradisional, Fave Hotel, Malioboro. Selanjutnya para peserta akan dibawa ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi pusat dari kebudayaan masyarakat Jawa selama ini, disusul dengan perjalanan ke museum sejarah, kebudayaan dan pustaka Jawa, Sono Budoyo. 

Sebelum ditutup dengan acara makan malam di Pink Elephant 101 Hotel, para peserta diberikan waktu luang untuk berbelanja di kawasan Jalan Malioboro yang sudah terkenal ke mancanegara.

Paket Explore Nature of Yogyakarta

Paket Pre-tour berikutnya adalah kunjungan ke Stipram (Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta) dan ke Museum Ulen Sentalu yang memamerkan budaya dan kehidupan para anggota keluarga ningrat dari dinasti Mataram, dilengkapi dengan koleksi Batik yang memukau. 

Paket ini ditutup dengan makan malam di The Manohara Hotel Yogyakarta yang baru-baru ini menerima penghargaan Travelers Review Awards 2022 dari Booking.com para peserta akan berkesempatan mengunjungi terlebih dahulu Merapi Farma Herbal (Jamu Godhok Kaliurang) yang memiliki jalinan kerja sama erat dengan jaringan petani dari desa sekitar.

"Sementara Post-tour atau perjalanan pascaacara ATF 2023 dihadirkan oleh tiga kabupaten yaitu masing-masing Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Gunungkidul," ujar Bendara.

Berikut detail dari paket Post-tour tersebut: 

Wisata Jogja

Peserta post-tour berkesempatan mengunjungi Living Museum Kotagede. Sebagai bagian utama dari perjalanan Jogjavaganza, peserta bertandang ke Tugu Golong-Gilig, Kraton, dan Panggung Krapyak yang berada dalam satu garis lurus sebagai Sumbu Filosofi dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Peserta kemudian mengunjungi Istana Air Tamansari dan Pantai Parangtritis sekaligus menikmati makan malam.

Wisata Sleman

Tidak kalah pesona alam dan budayanya, Pemkab Sleman akan membawa delegasi ATF 2023 mengunjungi Desa Wukirsari, berkeliling desa dengan menumpang pedati sambil melawat ke pusat produksi Mazaraat Artisan Cheese dan Ruas Bambu Nusantara. 

Perjalanan berlanjut dengan kesempatan makan siang di Warung Eyup, sebuah restoran baru di kawasan Cangkringan yang dikenal akan keindahan rancangan bangunannya yang memadukan nuansa tradisi Jawa dan Bali serta dikelilingi oleh hijau persawahan di sekitarnya. Peserta kemudian beristirahat dan menikmati makan malam di Jayakarta Hotel Resorts yang dipersembahkan oleh Sleman Tourism Board.

Wisata Bantul

Paket Post-tour dari Pemkab Bantul menghadirkan kesempatan kunjungan ke Desa Wisata Wukirsari, Gumuk Pasir, makan malam di Depok Lagoon sambil menikmati hidangan laut dan matahari tenggelam di Pantai Depok. Peserta perjalanan ini menginap di Tembi Guesthouse. Keesokan hari, peserta mengunjungi Desa Krebet dan Desa Wisata Kasongan. 

Wisata Kulonprogo

Untuk paket perjalanan ke Kabupaten Kulonprogo menampilkan kunjungan ke Desa Jatimulyo, Kopi Sulingan, Gua Kiskendo, pertunjukan tari Sugriwa-Subali, Desa Ngargosari di hari pertama.

Hari kedua perjalanan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pule Payung untuk menikmati makan siang, belajar membatik di Desa Wisata Segajih, Pantai Glagah dan makan malam di Grand Daffam Signature sebelum peserta pulang ke nagara masing-masing. 

Wisata Gunungkidul

Paket wisata di Gunungkidul ini menghadirkan perjalanan ke Desa Wisata Nglanggeran, makan siang di Taman Teknologi Pertanian, Griya Cokelat Nglanggeran, Batik Topeng Workshop, dan menginap di Santika Hotel Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement