Advertisement

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 03 Februari 2023 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Stasiun Lempuyangan menjadi tempat pemberhentian kereta kelas ekonomi di Jogja. Kereta listrik jarak dekat atau KRL Jogja-Solo juga berhenti di sini. 

Di dekat stasiun ini, banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan untuk wisata kuliner pun, beragam menu yang fenomenal tersedia.

Advertisement

Stasiun Lempuyangan viral di jagad Twitter Jumat (3/2/2023). Banyak cerita yang diunggah warganet, salah satunya Lempuyangan yang menjadi saksi bagi kaum LDR-an.

Berikut ini objek wisata yang tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan:

1. Malioboro

Malioboro sudah sangat melegenda di dunia pariwisata Jogja. Selain lokasinya berada di pusat kota, kawasan ini menyuguhkan beragam pilihan belanja dan wisata kuliner. Baik belanja batik, kuliner di pinggir jalan, oleh-oleh khas Jogja maupun belanja barang-barang khas lokal yang tersedia di Pasar Beringharjo. Bagi yang ingin belanja fesyen, mal juga ada di tempat ini.

Dari Stasiun Lempuyangan, Malioboro hanya berjarak sekitar 2 kilometer. Anda bisa berjalan kaki, menaiki becak atau naik angkutan umum bus Trans Jogja. 

2. Kraton Jogja

Lokasinya sekitar 3 kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Di tempat tinggal Raja Jogja ini, pelancong bisa belajar tentang sejarah Kraton Jogja, mengenal raja-rajanya sekaligus belajar budaya Jawa.

3. Benteng Vredeburg

Vredeburg menjadi salah satu tempat bersejarah di Jogja. Lokasinya berada di selatan Malioboro tepatnya di Jalan Margo Mulyo no 6, Gondomanan. Dari Stasiun Lempuyangan hanya berjarak kurang lebih 2 km. Jika ingin menikmati suasana Jogja, Anda juga bisa berjalan kaki kurang lebih 30 menit.

Di Vredeburg, tersedia beragam cerita sejarah, baik dalam bentuk foto maupun replika. Bangunannya yang unik khas zaman dulu dengan bentengnya yang tebal bisa menjadi lokasi menarik untuk swafoto.

4. Museum Batik

Suka jalan-jalan ke museum? Museum batik pilihannya. Turun di Stasiun Lempuyangan, Anda bisa jalan kaki sejauh 1 kilometer ke arah selatan.

Di sini ribuan koleksi batik dari tahun 1700an tersedia dengan beragam motif. Ada batik tulis hingga cap. Lengkap pula dengan peralatan membatik.

5. Es Murni 83 Tukangan

Di sebelah barat Stasiun Lempuyangan, ada Es Murni 83 Tukangan yang berdiri sejak 1978 di Jalan Tukangan no.45 Kota Jogja.

Menu andalannya adalah beragam es mulai dari es teler, es campur, hingga es klamud. Meski namanya es murni, warung ini juga menyedikan menu nasi garang asem, pempek, lontong opor hingga nasi goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Besok Puasa Arafah, Begini Niat dan Keutamaannya, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan yang Akan Datang

Lifestyle
| Sabtu, 15 Juni 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement