Advertisement

Simak! Ini Daftar Gunung Termegah di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 05 Februari 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Simak! Ini Daftar Gunung Termegah di Dunia Pegunungan Everest - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Di dunia ada ribuan gunung yang tersebar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Tapi, hanya beberapa gunung yang dianggap paling megah yang pernah ada. Hal ini karena ketinggiannya, keindahannya, hingga kesulitannya dalam didaki.

Advertisement

Berikut daftar gunung termegah di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Gunung Everest, Nepal-Tiongkok

Gunung ini adalah gunung tertinggi di alam, jika diukur dari paras laut. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma yang berarti Bunda Semesta.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India warga negara Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di alam.

2. Gunung Fuji, Jepang

Berdiri pada ketinggian 3.776 meter, Gn. Fuji   adalah puncak tertinggi di Jepang, akibat aktivitas gunung berapi yang telah dimulai sekitar 100.000 tahun yang lalu.

Kini Gn. Fuji dan area sekitarnya merupakan destinasi rekreasi yang populer untuk mendaki, berkemah, dan bersantai.

Sebagai salah satu simbol paling populer negara ini, para pelancong dari seluruh belahan dunia mengunjungi prefektur Shizuoka   dan Yamanashi   untuk melihat sekilas pemandangan menawan gunung ini. Namun demikian, bagi orang Jepang Gn. Fuji   telah lama merupakan situs dengan makna spiritual dan sumber inspirasi seni.

3. Gunung Kanchenjunga, India-Nepal

Kanchenjunga, juga dieja Kangchenjunga atau Kinchinjunga, Nepali Kumbhkaran Lungur, gunung tertinggi ketiga di dunia, dengan ketinggian 28.169 kaki (8.586 meter).

Itu terletak di Himalaya timur di perbatasan antara negara bagian Sikkim, India timur laut, dan Nepal timur, 46 mil (74 km) utara-barat laut Darjiling, Sikkim. Gunung ini merupakan bagian dari Great Himalaya Range.

Massif Kanchenjunga berbentuk salib raksasa yang lengannya memanjang ke utara, selatan, timur, dan barat.

Kanchenjunga terdiri dari batuan Neoproterozoikum (Prakambrium akhir) hingga usia Ordovisium (yaitu, berusia sekitar 445 juta hingga 1 miliar tahun). Gunung dan gletsernya menerima salju lebat selama musim hujan musim panas dan hujan salju yang lebih ringan selama musim dingin.

Puncak individu terhubung ke puncak tetangga dengan empat punggungan utama, dari mana empat gletser mengalir—Zemu (timur laut), Talung (tenggara), Yalung (barat daya), dan Kanchenjunga (barat laut).

4. Gunung Matterhorn, Swiss-Italia

Matterhorn, Monte Cervino Italia, Mont Cervin Prancis, salah satu gunung paling terkenal dengan ketinggian 14.692 kaki (4.478 meter) di Pegunungan Alpen.

Lokasinya, melintasi perbatasan antara Swiss dan Italia, 6 mil (10 km) barat daya desa Zermatt, Swiss. Meskipun dari sisi Swiss tampaknya merupakan puncak berbentuk tanduk yang terisolasi, sebenarnya itu adalah ujung punggungan.

Lereng Swiss hampir tidak curam atau sulit untuk didaki seperti dinding bertingkat besar di lereng Italia. Nama Matterhorn kira-kira berarti "puncak di padang rumput", dari kata Jerman Matte ("padang rumput") dan Tanduk ("puncak"); nama Italia dan Prancis kemungkinan besar menyinggung tanduk rusa merah (Italia: cervo; Prancis: cerf).

Matterhorn pertama kali ditaklukkan dari arete Swiss pada tanggal 14 Juli 1865, oleh penjelajah Inggris Edward Whymper, tetapi empat dari rombongannya tewas saat turun. Tiga hari kemudian itu diskalakan dari sisi Italia oleh sekelompok pria dari desa Valtournanche, Italia, dipimpin oleh pemandu Italia Giovanni Antonio Carrel. Itu sering naik di musim panas, terutama dari Zermatt.

5. Gunung Kilimanjaro, Tanzania

Kilimanjaro, massa vulkanik di timur laut Tanzania, dekat perbatasan Kenya. Kerucut pusatnya, Kibo, menjulang setinggi 19.340 kaki (5.895 meter) dan merupakan titik tertinggi di Afrika.

Kilimanjaro terletak sekitar 100 mil (160 km) timur Sistem Celah Afrika Timur dan sekitar 140 mil (225 km) selatan Nairobi, Kenya. Massif memanjang sekitar timur-barat sejauh 50 mil (80 km) dan terdiri dari tiga gunung berapi utama yang telah punah: Kibo (tengah), Mawensi (timur), dan Shira (barat).

Gunung dan hutan sekitarnya ditetapkan sebagai cagar alam pada awal abad ke-20. Pada tahun 1973 Taman Nasional Gunung Kilimanjaro didirikan untuk melindungi gunung di atas garis pepohonan serta enam koridor hutan yang membentang ke bawah melalui sabuk hutan pegunungan. Taman ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement