Advertisement

Gunung Bromo Bersalju, Ini Fakta Fenomena Embun Upas

Novita Sari Simamora
Selasa, 30 Mei 2023 - 23:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gunung Bromo Bersalju, Ini Fakta Fenomena Embun Upas Panorama Bromo. - bromotenggersemeru.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gunung Bromo berselimut embun upas saat memasuki Bulan Juni 2023. Sekilas, fenomena ini mirip dengan salju. Fenomena alam ini pun menarik perhatian wisatawan di Indonesia dan mancanegara.

Gunung Bromo terletak di empat kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Salah satu objek wisata yang terkenal di Gunung Bromo adalah Pasir Berbisik.

Advertisement

Kenapa disebut pasir berbisik? Daerah ini terkenal dengan sebutan pasir berbisik karena film dengan judul “Pasir Berbisik". Film tersebut dirilis pada tahun 2001 yang mengambil latar belakang kawasan padang pasir di Bromo. Bukan hanya karena pengaruh film, seringkali angin kencang berhembus dan menimbulkan suara seperti orang berbisik.

Namun, kali ini fenomena berbeda muncul di Pasir Berbisik Gunung Bromo, karena embun tebal dan mirip seperti salju menyelimuti Gunung Bromo. Pemandangan ini langsung muncul di media sosial.

Baca juga: Penyelidikan Penyalahgunaan Tanah Kas Desa, Satpol PP: Pihak Kalurahan Ada yang Tidak Kooperatif

embu upas salju di gunung bromo

Adapun fenomena embun upas atau embun es yang mirip salju sering sekali muncul di Gunung Bromo saat musim kemarau. Biasanya fenomena alam ini bisa dijumpai saat pagi hari.

Dilansir dari Antaranews, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besa TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan bahwa fenomena embun upas atas frost terjadi saat suhu cukup dingin. Saat fenomena alam terjadi, biasanya suhu udara sekitar 5-9 derajat celcius.

Fenomena embun upas ini juga sering terjadi di kawasan Ranupane dan Ranu Regulo. Kondisi ini menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi masyarakat di Indonesia dan tentunya menarik wisatawan dalam negeri dan mancanegara untuk berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement