Advertisement

Rekomendasi 4 Objek Wisata Jogja Gratis, Solusi Piknik Tanggal Tua

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 24 Juni 2023 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi 4 Objek Wisata Jogja Gratis, Solusi Piknik Tanggal Tua Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keinginan untuk piknik bisa muncul kapan saja, tidak terkecuali saat tanggal-tanggal tua seperti ini. Apalagi besok adalah hari Minggu, hasrat untuk mengisi liburan dengan piknik pun semakin meronta-ronta. 

Tanggal tua atau akhir bulan seringkali diidentikkan dengan kondisi dompet yang semakin tipis. Uang yang tersisa akan dihemat agar sampai bertahan di akhir bulan. 

Advertisement

Namun dengan pengelolaan yang baik, tanggal tua tetap bisa digunakan untuk piknik. Caranya yakni dengan memilih objek wisata low budjet dan kalau perlu wisata yang gratis.

Berikut ini objek wisata di Jogja yang low budjet atau bahkan gratis, yang cocok kamu kunjungi saat tanggal tua seperti ini:

1. Tugu Pal Putih

Tugu Jogja yang disebut juga sebagai Tugu Golong Gilig tidak pernah sepi pengunjung karena tugu ini menjadi ikon Jogja selain kraton dan Malioboro. Warga yang datang tidak perlu membayar tiket.

Baca juga: Garuda Mendunia, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Namun kamu perlu berhati-hati saat foto di Tugu karena lokasinya berada di tengah-tengah simpang empat yang ramai kendaraan. Tidak disarankan untuk berfoto tepat di sampingnya karena pemerintah sudah memberikan batas dengan pagar besi di sekeliling Tugu Jogja.

2. Titik Nol Jogja

Siapkan uang parkir saja saat datang ke Titik Nol karena berwisata di tempat ini tidak dipungut biaya. Tidak ada karcis masuk alias gratis.

Dengan uang yang relatif murah, kamu sudah bisa menikmati suasana Jogja ngangenin. Kamu bisa duduk di pedestrian sembari berfoto dan juga menyaksikan lalu lalang transportasi tradisional andong yang membawa penumpang. Di situ Anda juga bisa berfoto di Monumen Serangan Umum 1 Maret yang berada tepat di sisi timur laut Titik Nol.

3. Malioboro 

Sama halnya dengan Titik Nol, untuk ke Malioboro wisatawan hanya perlu membayar tiket parkir. Selebihnya, wisatawan bisa masuk kawasan Malioboro tanpa tiket wisata lagi.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu sepuasnya di Malioboro dengan duduk-duduk di pedestrian sembari menikmati rindangnya pohon asem dan gayam serta alat transportasi tradisional yang masih banyak ditemui di situ. Musik Jawa yang terdengar dari speaker di area itu, semakin menambah suasana piknik Jogja 'njawani'. 

4. Alun-Alun Kidul

Objek wisata yang ada di Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja ini juga gratis untuk umum. Anda hanya butuh uang sekitar Rp5.000 untuk parkir kendaraan. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari menjelang senja agar tidak terlalu panas. Tempat ini merupakan lapangan terbuka di tengah kota dengan dua beringin besar di tengahnya.

Anda bisa duduk santai di rerumputan alun-alun sembari menikmati bekal dari rumah. Bagi yang ingin mencicipi jajanan kaki lima juga bisa merapat ke tepi alun-alun. Banyak pedagang makanan dan minuman di situ, seperti wedang ronde, mi instan, jajanan kekinian seperti takoyaki, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lima Pasar Rakyat di Bantul Diperbaiki dengan APBD 2024

Bantul
| Selasa, 21 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Tips Sehat dan Bugar di Tengah Cuaca yang Tidak Menentu

Lifestyle
| Selasa, 21 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement