Advertisement

Hotel Unik Ini Punya 18 Lantai, Ternyata Hanya Dua Lantai yang Berada di Atas Tanah

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 08 September 2023 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Hotel Unik Ini Punya 18 Lantai, Ternyata Hanya Dua Lantai yang Berada di Atas Tanah InterContinental Shanghai Wonderland Hotel di China punya desain arsitektur unik. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SHANGHAI—Sebuah hotel di Shanghai, China dijuluki hotel terdalam di dunia. Pasalnya, hotel itu dibangun di bekas pertambangan yang ditinggalkan.

Hotel bernama InterContinental Shanghai Wonderland Hotel itu memiliki 18 lantai. Uniknya, hanya dua lantai yang berada di atas tanah. Sementara sisanya berada di bawah tanah dan dua lantai terendahnya seluruhnya terendam oleh danau yang menempati sisa lubang tambang yang luas.

Advertisement

BACA JUGA: Lebar Hanya Dua Meter, Hotel Terkecil di Dunia Cuma Muat Dua Tamu

Melansir Lonely Planet, hotel yang juga dikenal dengan nama Deep Pit Hotel ini dibuka pada Oktober 2018 lalu. Hotel mewah dan menakjubkan ini populer sebagai destinasi yang wajib dikunjungi di China, terlebih karena keajaiban arsitekturnya yang modern.

Hotel bintang lima di kota Songjiang, sekitar 35 km dari kota Shanghai itu merupakan prestasi ambisi arsitektur dan keberanian teknik. Mengadopsi desain yang tidak konvensional, hotel ini dibangun di sisi tambang berisi air sedalam 88 meter.

Dari 18 lantai, 16 lantai secara teknis berada di bawah tanah, termasuk dua lantai di bawah air. Lantai paling atas berada di permukaan tanah dan memiliki atap yang dipenuhi flora dan fauna hijau subur, berpadu sempurna dengan area sekitarnya. Dibangun dengan prinsip desain ramah lingkungan dan menghasilkan listrik, pemanas, dan penerangan sendiri melalui penggunaan energi panas bumi dan matahari.

BACA JUGA: Hotel Unik di Bekas Tambang, Begini Cerita Pengalaman Tamu Tidur di Bawah Tanah

Hotel ini memiliki 337 kamar dan suite yang memiliki balkon melengkung di mana para tamu dapat menikmati pemandangan air terjun yang mengalir dari tebing sekitarnya dan air terjun kaca transparan yang dibangun di tengah-tengah hotel.

Hotel ini merupakan bagian dari gelombang proyek arsitektur ambisius di China. Ini dirancang oleh perusahaan desain Inggris Atkins, perusahaan yang sama di balik salah satu hotel termewah di dunia, Burj Al Arab Hotel di Dubai, dan dirancang oleh perusahaan China.

Hotel ini terletak di Pegunungan Sheshan, hanya 30 km dari Bandara Hongqiao dan dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Taman Nasional Sheshan dan Kebun Raya Chenshan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Lonely Planet

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Minggu 28 April 2024: Cerah Berawan!

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Waspada! Perempuan Lebih Berisiko Terkena Diabetes Dibandingkan Laki-Laki

Lifestyle
| Sabtu, 27 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement