Tiga Tempat Ini Wajib Anda Kunjungi saat ke Danau Toba

Perahu motor melintasi perairan Danau Toba menuju pulau Samosir, Sumatra Utara, Rabu (4/4). - Antara/Anis Efizudin
10 September 2018 16:35 WIB Nindya Aldila Wisata Share :

Harianjogja.com, MEDAN-Bagi Anda yang hendak berpelesir ke Danau Toba, tak usah takut bosan karena di samping berwisata air, banyak titik wisata lain yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi.

Danau terbesar di ujung utara Indonesia ini memang mampu menyihir wisatawan. Airnya bening, suhunya sejuk, akomodasi dan infrastruktur yang sudah memadai menjadi faktor pendukung menariknya spot wisata ini.

Selain wisata air, terdapat banyak spot wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi saat plesir ke Danau Toba, tepatnya di Tapanuli Utara. Di antaranya adalah:

1. Geopark Kaldera Toba

Kawasan Hutaginjang dicanangkan sebagai destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Utara dengan objek wisata unggulannya Kawasan wisata Geopark berupa Gantole Hutaginjang dan Penatapan Hutaginjang. Sejatinya Geopark Kaldera Toba tersebar di tujuh kabupaten, salah satunya adalah di Tapanuli Utara. Di kawasan wisata ini menyediakan wisata paralayang.

2. TB Silalahi Center

Museum TB Silalahi merupakan museum yang dibangun oleh tokoh TNI Angkatan Darat TB Silalahi. Museum ini menyimpan berbagai barang pribadi milik TB Silalahi, seperti kendaraan, jam tangan, seragam, senjata, penghargaan, dan masih banyak lagi.

Selain barang TB Silalahi, museum ini juga menampilkan rumah tradisional batak. Jika berjalan sampai ujung, Anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dari atas bukit. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka selfie karena banyak spot foto yang menarik.

3. Makam Sisingamangaraja

Siapa tak kenal dengan pahlawan nasional asli Batak Sisingamangaraja. Selain makam Raja Sisingamangarja, terdapat pula makam R Patuan Anggi dan R Patuan Nagari yang merupakan puteranya.

Makam ini dilengkapi dengan taman dengan sejumlah bangku yang biasa digunakan untuk berbincang. Meski merupakan makam, tempat ini tidak tampak angker karena banyak masyarakat yang berkunjung untuk sekedar mengobrol.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia