Isu Hantu Jadi Daya Tarik Wisata di Selandia Baru

Gerbang Napier Prison, penjara tertua di Selandia Baru - Antara
17 Oktober 2018 09:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, WELLINGTON—Seramnya kehadiran hantu di bangunan-bangunan kuno menjadi daya tarik tersendiri di Selandia Baru. Makin seram, makin banyak wisatawan yang datang.

Pada Oktober yang identik dengan Halloween, perayaan itu tidak selalu diramaikan trick or treat, bermain ramalan, berpesta kostum, mengukir lampu Jack-o'-lantern, simbol labu, atau menonton film horor. Anda jug bisa bertamasya ke tempat wisata berhantu di Selandia Baru.

Anda dapat menelusuri sisi mistis dari Selandia baru berupa bangunan kuno, penjara tertua, hingga rumah sakit jiwa, menurut Tourism New Zealand. Berikut ini beberapa tempat kuno berhantu yang menjadi daftar wajib kunjung wisatawan pemberani:

The Opera House Wellington–Wellingto

Bangunan yang selesai pada tahun 1914 ini memiliki fitur yang spektakuler, di antaranya lengkungan proscenium, interior bangunan yang penuh dengan ukiran cantik, dan langit-langit berkubah.

Mengenai cerita berhantu, bersiaplah bertemu dengan sang arsitek Albert Liddy yang menembak diri di teater pada tahun 1913. Banyak yang mengatakan arwahnya masih berkeliaran.

Napier Prison-Hawke's Bay

Tempat ini merupakan penjara tertua di Selandia Baru yang dibangun pada tahun 1862 dan digunakan hingga tahun 1993. Kini, Napier Prison telah dilestarikan keberadaannya dan menyediakan berbagai tur yang dirancang untuk menakuti para pengunjung dengan cerita empat hantu tahanan yang digantung.

Selain itu, ada juga yang mengatakan telah mendengar langkah kaki dan pintu yang terbuka dan tertutup sendiri di penjara yang juga merupakan unit kejiwaan ini.

Rumah Sakit Kingseat-Auckland

Rumah sakit jiwa paling terkenal di New Zealand Kingseat dibuka pada tahun 1932 dan ditutup pada tahun 1999. Banyak yang mengatakan bahwa Kingseat merupakan rumah sakit jiwa yang sangat menyeramkan di New Zealand, di mana banyak staf dan pasien rumah sakit yang meninggal di tempat ini.

Tidak heran apabila timbul pembicaraan bahwa terdapat fenomena gaib di Kingseat, seperti penampakan hantu yang dikenal sebagai “The Grey Nurse”. Kini Kingseat merupakan lokasi untuk Spookers Haunted Attraction, sebuah acara hiburan di mana pengunjung dapat menelusuri bangunan dan pekarangan yang akan mengejutkan mereka.

Sumber : Antara