Mengenal Makanan & Minuman Tertua di Dunia, Ini Beberapa di Antaranya

Wine - Reuters
19 Oktober 2018 09:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kuliner berupa makanan dan minuman yang ada di Bumi jumlahnya tak terhingga. Bahkan seiring peradapan manusia, makanan dan minuman pun tumbuh makin banyak.

Di antara makanan dan minuman yang ada di planet ini dan dinikmati umat manusia, ada beberapa yang disebut tertua. Berikut ini daftarnya seperti dilansir Boldsky.

Wine

Minuman berfermentasi ini telah terkenal dari zaman kuno. Wine dianggap sebagai bagian penting dari gaya hidup pada zaman Romawi kuno. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai bukti arkeologis bahwa wine merupakan minuman berfermetasi anggur yang sangat populer di kalangan manusia sebelum munculnya Roma.

Pancake

Makanan ini biasanya disajikan pada saat sarapan bersamaan dengan susu dan buah. Pancake merupakan salah satu makanan manis yang banyak disukai orang. Sejarah pancake berkaitan dengan ditemukannya mumi pada tahun 1991 di Pegununan Alpen, Italia.

Mumi tersebut ialah Otzi Si Manusia Es, diperkirakan ia hidup pada tahun 3.300 sebelum masehi. Menurut para peneliti, makanan terakhir yang dikonsumsi Otzi yaitu daging kambing, rusa merah dan pancake gandum yang dimasak di atas api terbuka.

Cokelat

Siapa sih yang nggak suka makanan manis satu ini? Cokelat merupakan makanan yang banyak digemari setiap kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, apa kamu tahu ternyata cokelat merupakan makanan tertua loh!

Para arkeolog menemukan bukti produksi cokelat di antara orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Para ilmuwan kemudian menguji bagian dalam pot dengan theobromine kimia, hasilnya mereka menemukan indikator cokelat yang sangat otentik.

Madu

Makanan satu ini ternyata merupakan makanan tertua loh. Selain berkhasiat bagi kesehatan. Madu juga memiliki sifat antiseptik. Menurut para ilmuwan, keberadaan madu telah ditemukan sejak 5.500 tahun yang lalu. Para peneliti menemukan guci di sebuah makam lama di Georgia. Madu yang terdapat pada guci ini dianggap sebagai madu tertua di dunia.

Sumber : Okezone