Musim Hujan Liburan Harus Jalan Terus, Ini Tipsnya Agar Tetap Asyik

Ilustrasi hujan - Reuters
09 November 2018 09:35 WIB Mia Chitra Dinisari Wisata Share :

Harianjogja.com,  JAKARTA - Bukan sekadar tren atau gaya hidup, traveling bisa dibilang sebagai salah satu “obat terbaik” bagi yang ingin selalu sehat dan bahagia.

Nah, jika bujet untuk melakukan traveling sudah terkumpul alias aman, selanjutnya adalah memikirkan tujuan “ke mana akan berlabuh?”. Jangan lupa, memasuki bulan Oktober yang menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan musim hujan, tentu untuk menentukan lokasi liburan harus dilakukan secara lebih cermat jika dibandingkan musim kemarau.

Berikut ini tips dari Pegipegi selaku Online Travel Agent (OTA) yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta api di Indonesia untuk membantu travelers menentukan lokasi liburan yang ideal saat musim hujan tiba.

Hindari Tempat Wisata Alam
Dibandingkan musim kemarau, pilihan lokasi untuk berlibur di musim hujan memang lebih terbatas. Mengunjungi tempat wisata alam seperti pantai, gunung, kawasan air terjun dan rawan bencana sebaiknya sementara ini dihindari, apalagi bagi travelers yang ingin berlibur bersama keluarga.

Ada begitu banyak risiko yang perlu diwaspadai, termasuk dampaknya terhadap kesehatan. Jangan khawatir, masih banyak destinasi menarik yang pas untuk dikunjungi pada musim ini. Mulai dari taman bermain dalam ruangan, tempat pertunjukan kesenian, museum, hingga pusat perbelanjaan dan wisata kuliner.

Sesuaikan dengan Tipe Traveler
Bicara tentang liburan, tentu “tujuan dan kebutuhan” dari setiap traveler itu berbeda-beda. Ada yang sekadar untuk menghilangkan penat, berburu kuliner, mencari tantangan baru atau hal-hal berunsur seni dan budaya, hingga ingin seru-seruan saja bersama teman-teman ataupun keluarga.

Untuk membantu menentukan lokasi liburan yang ideal selama musim hujan, simak penjelasannya di bawah ini,

Bagi yang sekadar ingin menghilangkan penat, traveler bisa melakukan staycation di hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner atau menginap di villa yang menyuguhkan pemandangan memesona, seperti perbukitan dan perkebunan teh. Berkunjung ke tempat pemandian air panas juga bisa membantu menghilangkan penat sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh.

Selanjutnya, bagi yang ingin memanfaatkan liburan untuk berburu kuliner, traveler dapat berkunjung ke kota-kota dengan segudang pilihan kuliner seperti Bali, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Di sana, ada berbagai menu tradisional yang siap memanjakan lidah.
Bagi yang mencari tantangan baru, traveler bisa berkunjung ke taman bermain dalam ruangan. Di sana, traveler dapat mencoba berbagai wahana seru yang memicu adrenalin tanpa khawatir datangnya hujan.

Spesial untuk traveler penggemar seni dan budaya, tentu musim apapun tak akan jadi masalah. Traveler bisa berkunjung ke tempat pertunjukan kesenian dan museum yang ada di kota-kota besar Indonesia, kapan saja.

Sedangkan bagi yang ingin seru-seruan bersama teman-teman atau keluarga, traveler tentu bisa melakukan banyak hal sekaligus. Mulai dari menginap di hotel atau villa yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner, berkeliling kota di malam hari, hingga berkunjung ke taman bermain dalam ruangan atau museum seni dengan koleksi kontemporer.

Tentukan  Waktu Terbaik
Musim hujan bukan alasan untuk tidak melakukan liburan. Agar semakin menyenangkan, selain weekend, travelers juga bisa memanfaatkan “hari kejepit” seperti Senin, tanggal 19 November 2018 sebagai long weekend dadakan untuk menikmati liburan.