Ingin Memoret Panda di Tiongkok, Perhatikan Aturannya

Ilustrasi panda - Reuters
06 Desember 2018 09:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, BEIJING—Liburan ke Tiongkok tak lengkap jika tidak menengok panda. Sebagian pelancong bahkan sengaja datang hanya untuk melihat pada di negara asalnya ini.

Namun hati-hati, jangan sembarangan memotret panda. Seperti dilansir News.com.au, memotret panda di Tiongkok ada aturan khususnya.

Pada Oktober 2018 lalu otoritas pemerintah Provinsi Sichuan di Tiongkok  membuat larangan kontroversial di mana turis dilarang memotret panda secara sembarangan.

Aturan baru tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah Sichuan untuk melarang manusia berada terlalu dekat dengan panda. Pasalnya, panda merupakan salah satu hewan terancam punah yang dipelihara di Pusat Penangkaran dan Penelitian Panda di Chengdu, Tiongkok .

Hal inilah yang menyebabkan penangkaran Chengdu memiliki banyak kamera CCTV untuk mengawasi kegiatan para turis di sana.

Menurut Global Times, peraturan tersebut mendapat dukungan dari komunitas pecinta binatang dari seluruh dunia.

Selain panda, hal ikonik lain yang sebenarnya dilarang untuk difoto adalah bagian dalam Taj Mahal, komunitas Amish di Amerika Serikat, dan Chapel Rosslyn di Skotlandia.

Sumber : Suara.com