Di Jeolla Selatan ada Nasi Kukus Bambu yang Dipercaya Baik untuk Kesehatan

Suncheon Bay - ist/Visit Korea
25 Oktober 2018 10:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, SEOUL—Jika Anda memasukkan rencana perjalanan ke Korea Selatan, Anda bisa mencoba alternatif pergi ke Provinsi Jeolla Selatan di Barat Daya Korea Selatan. Di sana, ada berbagai kegiata  yang bisa pengunjung lakukan, mulai dari menikmati pegunungan, menelusuri pantai hingga mencicipi  sajian kuliner tradisional dengan rasa yang masih otentik.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam yang hijau, cobalah kunjungi Boseong County. Tempat ini merupakan sebuah kebun teh yang bisa dinikmati sepanjang tahun. Di sana juga ada  museum teh Korea yang bisa menjadi destinasi wisata Anda.

Selain itu, tempat wisata yang tak boleh dilewatkan juga adalah Suncheon Bay. Tempat ini merupakan tempat tumbuhnya alang-alang terbesar di Korea. Suncheon Bay dijuluki taman dari surga karena pemandangan indahnya.

Waktu terbaik untuk mengunjugi wisata ini adalah pada musim gugur sekitar bulang September –November.

Caranya ke Jeolla? Korea Tourism Organization (KTO) juga menyebutkan untuk mencapai provinsi Jeolla dari kota Seoul, Anda bisa menggunakan bus kilat dari Terminal Sentral Kota Seoul atau menggunakan kereta cepat dari Stasiun Yongsan.

Kuliner Lezat

Seperti dilansir Korea.net Provinsi Jeolla Selatan juga memiliki ragam kuliner khas Korea yang lezat. Berikut ini di antaranya:

Euneogui

Euneogui adalah sajian ikan manis bakar. Sajian ikan manis ini juga dikenal di Jepang. Ikan yang digunakan jika dijepang disebut ikan ayu. Durinya tipis dan dagingnya empuk. Ikan ini adalah keluarga ikan salmon. Masakan euneogui di Korea Selatan berasal dari Gokseong di sepanjang tepian Sungai Seomjingang.

Gwangyang Bulgogi

Bulgogi sangat terkenal hingga di luar Korea. Sajian daging sapi panggang dengan bumbu khas ini juga datang dari Provinsi Jeolla Selatan. Di tempat ini ada tradisi menyantap gwannyang bulgogi saat festival. Ini dilatarbelakangi era perang Korea ketika kemiskinan membuat warga tak bisa menyantap daging sapi. Santapan bulgogi hanya disajikan saat-saat tertentu atau saat festival saja sebagai sajian mewah.

Daetongbap

Daetongap adalah sajian vegetarian yang lazim ditemukan di Jeolla Selatan. Sajian ini adalah nasi yang dikukus di dalam bambu. Di Korea, ada kepercayaan jika makanan dimasak dengan baik maka bisa seefektif obat yang menyembuhkan penyakit. Ide memasak nasi di dalam bambu telah ada sejak zaman dulu. Masyarakat di sana tahu bambu akan menghasilkan gelembung minyak jika dipanaskan. Di Korea gelembung itu disebut jukryeok, yang dipercaya baik untuk kesehatan.  

Sumber : Okezone/Korea.net