Yuk Liburan Singkat Bareng Keluarga, Banyak Manfaatnya Lho

Ilustrasi - Indiatourism
21 Maret 2019 08:17 WIB Dewi Andriani Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Padatnya aktivitas pekerjaan sering kali membuat orang tua kehilangan waktu berkualitas untuk bermain bersama anak-anak.

Liburan singkat di akhir pekan bisa menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas hubungan di dalam keluarga, baik antara pasangan maupun dengan anak-anak.

Tidak harus jauh-jauh ke luar kota apalagi keluar negeri, liburan juga dapat dilakukan di dalam kota dengan menginap bersama di hotel berbintang dan menikmati berbagai paket dan fasilitas yang ada di dalamnya atau yang biasa disebut sebagai staycation. Berikut petikan wawancara bersama Psikolog dari Rumah Sakit Royall Progress Nadia Rachman:

Sebetulnya apa manfaat berlibur dalam wkatu singkat bagi keluarga?

Tentunya bagus banget untuk menghilangkan penat dan mendekatkan diri antar anggota keluarga. Walau singkat tetapi bisa memberikan manfaat yang sangat besar karena ada waktu berkulitas yang dirasakan pada saat itu. Mungkin untuk berlibur di akhir pekan yang simple nya bisa ke museum, toko buku, pantai, atau taman, ngga harus liburan dalam waktu yang panjang dan ke luar kota. Sekarang juga sedang tren di Jakarta yang menginap di hotel bintang 4 atau 5, apalagi kalau ada kolam renangnya, anak-anak kan suka bermain. Waktu bersama ini bisa meningkatkan kualitas hubungan di antara keluarga.

Apakah liburan dengan gaya staycation ini erat kaitannya dengan kesehatan mental dan psikologis?

Betul karena pada saat weekdays itu orang tuanya pada sibuk sedangkan anak-anak sekolah dengan aktivitas belajar yang lumayan padat. Ketika liburan itu bisa dimanfaatkan dengan staycation yang hanya Sabtu Minggu, nginap di hotel bintang 4 atau bintang 5. Berenang, bermain ke taman, atau bapak ibunya olahraga anaknya juga bisa ikut. Nggak harus juga kan liburan itu ke mall dan mall. Keluarga muda sekarang ini banyak yang liburan singkat yang penting anak-anak senang karena susah untuk ambil liburan panjang sebab anak-anak sekolah sudah padat, paling bisa pada saat libur panjang. Dengan merencanakan liburan singkat menginap bersama itu bisa semakin mempererat hubungan antara orang tua dan anak atau antara pasangan, jadi ini bagus untuk kesehatan psikologis.

Kapan biasanya keluarga merencanakan liburan singkat?

Ya mungkin bisa sekitar 2 atau 3 bulan sekali. Atau untuk merayakan waktu-waktu tertentu. Misalnya perayaan ulang tahun atau ulang tahun pernikahan.

Kalau untuk pasangan yang sudah ada anak, apakah staycation ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan?

Kadang memang pasangan itu perlu pergi berdua, misalnya anak dititipin sementara ke orang tua, lalu pergi jalan-jalan atau menginap di hotel sehari atau dua hari di dalam kota maupun di luar kota, ini sangat bagus untuk menjaga quality time. Karena bagaimana pun di tengah kesibukan keduanya perlu juga waktu berkualitas untuk meningkatkan rasa kepercayaan dan rasa cinta karena selama ini mungkin bapak sibuk mencari uang dan ibu sibuk mengurus anak, tidak ada waktu untuk berdua. Jadi, staycation ini bisa dilakukan dengan keluarga atau hanya dengan pasangan saja yang intinya untuk meningkatkan kualitas hubungan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia